Lidah Goreng Mentega


lidahgorengmentega

Sewaktu membuat selat solo kemarin sebenarnya saya juga membuat lidah goreng mentega ini. Jadi satu lidah untuk dua masakan. Lumayan irit :mrgreen:

Resepnya sama hanya saja untuk membuat bistik lidah untuk selat solo saya menambahkan lagi air sementara untuk lidah goreng ini saya menambahkan mentega untuk hasil akhirnya. Dibagi dua gitu. Hehe ..

Woah, nasi hangat dan lidah goreng ini enak banget. Saya juga membuat keripik kentang untuk pendampingnya. Daging lidah sapi memang berbeda ya dengan daging sapi bagian lainnya. Walau kenyal tetapi lembut dan empuk 😎

Untuk membuang kulit bagian luar lidah, ada dua pilihan proses yang dianjurkan. Yang pertama adalah mencelupnya di air panas lalu mengulitinya. Yang kedua adalah merebusnya hingga empuk baru mengulitinya. Kedua cara tersebut sudah saya gunakan dan saya masih saja kesulitan :lol: Sehingga akhirnya saya menggunakan pisau yang cukup tajam untuk membuang kulit lidah dengan cara memotongnya setipis mungkin bagian luar lidah tersebut. (hes)

Lidah goreng Mentega

Bahan:

  • 1 buah lidah sapi yang sudah bersih dari kulit luarnya, rebus hingga empuk, potong tipis kira-kira 1 cm
  • 2 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm margarine
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt merica
  • 1 cangkir air matang
  • 1 sdm makan mentega (bisa diganti dengan margarine)

Cara membuat:

  1. Panaskan 2 sdm margarine, tumis bawang bombay sambil diaduk hingga kecoklatan
  2. Masukkan lidah, kecap, garam, gula, dan merica, aduk rata
  3. Masukkan 1 cangkir air, aduk, masak hingga air meniris
  4. Aduk lidah dan sisa kuah hingga rata
  5. Tambahkan lagi 1 sdm margarine, masak hingga margarine mencair,aduk rata
  6. Angkat dan sajikan hangat

Gud lak! 😉

7 Comments

Add yours
  1. 3
    hes

    @dallen: halo dallen 🙂
    @ossy: hahahaha ossy ada-ada aja 😆 saya juga baru-baru ini nyobanya. kalau udah dimasak sih enak oss tapi yah itu yang agak gimana gitu pas ngulitinnya 😮

+ Leave a Comment

19 − sixteen =