Lumpia Bandeng Presto


lumpiaWicak mendapat oleh-oleh dari teman kerjanya beberapa buah badeng presto dari Yogya. Dua buah bandeng saya goreng kering dengan kremes tepung roti dan dibawa suami saya itu sebagai lauk pelengkap nasi untuk makan siang bersama beberapa temannya di kantor.

Sementara sisanya saya cincang kasar setelah digoreng dan saya tambahkan dalam campuran tauge dan daun bawang. Rencananya saya akan membuat isi lumpia :mrgreen:

Lumpia adalah penganan khas cina, sejenis spring roll, yang cukup terkenal di Filipina dan Indonesia. Ada beberapa jenis lumpia di Filipina sementara lumpia Semarang dan lumpia basah adalah jenis lumpia yang paling terkanal di Indonesia. (Wikipedia)

Lumpia adalah lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit, lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri dari rebung, telur, sayuran segar, daging maupun makanan laut. (Id.Wikipedia)

Lumpia Bandeng Presto

Bahan:

  • 20 lembar kulit lumpia
  • 1  buah bandeng presto ukuran sedang
  • 1 genggam toge, bersihkan,
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 putih telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Goreng bandeng presto setengah matang, cincang kasar
  2. Campurkan dengan toge dan daun bawang
  3. Tambahkan garam dan merica, aduk rata
  4. Susun memanjang 2 lembar kulit lumpia, taruh campuran toge bandeng presto di atasnya, lipat perlahan lalu lem dengan putih telur – saya menggunakan dua lembar kulit lumpia sehingga kulit tidak robek saat digoreng.
  5. Goreng lumpia hingga kecoklatan
  6. Angkat dan tiriskan

Rasanya lumayan enak. Garing dan gurih. Sayang saya tidak membuat sambel kacang untuk celupannnya. Padahal kayanya enak kalau dicelup di sambal kacang.

Oia, saya juga tidak menumis togenya terlebih dahulu karena diharapkan toge matang saat penggorengan tetapi tidak terlalu lembek sehingga masih terasa gigitannya.

Gud lak ya! 😉

1 comment

Add yours
  1. 1
    sauskecap

    waduh mbak… kalo saja posting resep lumpia bandengnya dr maren,
    saya maren dpt oleh2 bandeng jg dr semarang, tp cm digoreng biasa aja…
    huhuhu skrng bandengnya keburu abis deh jd ga bs dibuat lumpia

+ Leave a Comment

eight − three =