Makanan Sahur di Bulan Ramadhan

Makanan Sahur di Bulan Ramadhan


Menyiapkan makanan sahur untuk berbuka yang paling gampang dan cepat adalah memanaskan kembali makanan sisa makan malam. Tetapi ada beberapa makanan yang jika dipanaskan kembali malah kurang enak, seperti tumisan/oseng-oseng atau gorengan.

  • Masakan tumisan: Jika menu makan malam dan sahur adalah masakan tumisan yang sama, biasanya saya akan mempersiapkan bahan-bahan seperti menyiangi terlebih dahulu lalu dibagi dua. Yang satu akan saya olah untuk makan malam selepas berbuka dan yang lain akan saya simpan di kulkas untuk diolah saat sahur.
  • Gorengan: Makanan yang digoreng selain kurang sehat yang pasti kurang enak jika harus dipanaskan kembali.  Jika memungkinkan mungkin bisa diolah menjadi masakan lain. Misalnya ayam goreng disuwir untuk perecah nasi goreng, ikan goreng dibumbui menjadi pesmol atau balado, tempe goreng bisa dimasak dengan santan dan bumbu, dan lain-lain.
  • Masakan berkuah: Memanaskan masakan jenis sup, berbumbu, bersaus atau berkuah lain terutama yang bersantan harus sampai mendidih dan biarkan mendidih minimal 3 menit.
  • Masakan panggang/bakar: Masakan yang dipanggang menurut saya bisa dipanaskan dengan beberapa cara. Memanggang kembali, mengukus atau menggorengnya. Tergantung masakannya.

Bahan Masakan Siap Makan atau Siap Olah

tempekering Saya termasuk sulit bangun dan dipastikan akan sangat mengantuk saat bangun untuk sahur. True story :p

Sehingga biasanya saya menyiapkan ‘masakan instan’ yang tinggal makan atau tinggal goreng saat sahur.

Masakan siap makan yang biasa saya siapkan saat menjelang dan saat puasa Ramadhan adalah kering tempe yaitu tempe yang dipotong kecil dan dibumbui dengan gula merah dan cabai. Bukan hanya tempe biasanya saya mencampurnya dengan kacang, teri, dan kentang iris tipis yang digoreng garing.

Teman-teman saya juga biasanya menyiapkan masakan-masakan instan untuk sahur sesuai selera keluarganya masing-masing. Teman saya yang suaminya berasal dari Padang malah menyiapkan rendang untuk sahur. Rendang yang dapat disimpan cukup lama memudahkan untuk santap sahur sesuai selera keluarganya.  Resep Rendang Ayam di Masukdapur mungkin bisa jadi pilihan masakan siap makan.

Selain masakan siap makan, makanan siap olah juga jadi alternatif memasak cepat saat sahur. Sahabat saya paling suka mengungkeb ayam  dan menyimpannya di kulkas sehingga bisa dengan mudah tinggal digoreng saat akan disantap.

Selain itu tumisan juga jadi salah satu favorit yang banyak dimasak saat sahur.Teman saya, yang sering ditemani anak bungsunya yang masih bayi saat memasak, memilih memasak tumisan untuk lauk saat sahur. “Tumisan atau memasak sayur yang gampang seperti sayur bayam misalnya“, katanya.

Setiap keluarga selalu punya kebiasaan masing-masing saat sahur atau saat berbuka puasa. Kebiasaan yang sering kali membuat kita rindu pada masa kecil atau rindu pada bulan yang penuh berkah ini.

+ Leave a Comment

3 + 5 =