Manisnya Permen Coklat


Awalnya ide ‘menjual’ permen coklat berasal dari teman saya yang membantu sepupunya membuat permen-permen coklat ini. Lucu juga kalau dijadikan usaha, pikir saya.

Dan ternyata..keuntungan dari penjualan coklat lumayan besar apalagi kalau menjelang hari valentin. Saya sempat dua kali valentin mendapatkan pesanan coklat yang lumayan banyak. Tapi dasarnya saya memang tidak berbakat dagang dan belum bisa mengelola bisnis yang baik (dan benar) akhirnya saya berhenti.

Proyek terbesar saya yang pasti adalah sewaktu membuat permenpermen coklat untuk suvenir prnikahan. Pernikahan saya! Jadi bayangin saya cuma punya waktu sekitar 2 hari sebelum hari H dalam memproduksi suvenir ini karena mau ngga mau harus diakui suvenir macam begini beresiko kalau dibuat beberapa hari sebelum harinya, bisabisa permen coklatnya kadaluwarsa. Tapi saya bersi’keukeuh’. Toh dengan agak begadangbegadang selesai juga 500 kotak yang masingmasing berisi 2 permen coklat (karena undangan lebih dari 500 orang jadi banyak yang ga kebagian :p). Sshgh!

Membuat permenpermen ini lumayan guampang. Kita cuma perlu sedikit berkreasi dengan cetakan dan ‘aksesori’ lain yang mendampingi si coklat.

Coklat yang saya gunakan adalah coklat batangan compound yang dark, milk, dan white. Coklatcoklat compound macam begini banyak dijual dipasaran.

Apa sih coklat compound? Coklat jenis ini bisa dibilang bukan coklat sejati. Karena sudah melalu proses dan penambahan beberapa bahan lain. Seperti minyak coklat, bahan emulsifier seperti lesitin, cokelat bubuk, dan lainlain. Saya ngga tahu persis komposisinya :p

Saya sempat PKL di salah satu perusahaan yang memproduksi produkproduk berbahan coklat. Sempat juga menyaksikan proses pengolahan coklatnya dalam sebuah wadah berukuran raksasa. Sempat juga menghitung bergalongalon coklat cair sebagai bahan baku yang akan diproduksi menjadi produk lainnya.

Sempat juga menguji kelayakan produkproduk yang masih beredar dipasaran apakah masih bagus atau sudah sebaiknya ditarik dari pasaran (ada hampir 4 jenis produk snack coklat yg harus saya uji, masing-masing dengan hampir sekitar 25 hari produksi, jadi saya menguji sebanyak 100 buah snack coklat. Mau ngga mau saya hanya mencicipi sedikit untuk mendapatkan hasilnya dan sisanya saya buang. sigh!)

Permen Coklat Kacang

  1. Tim coklat sampai mencair.
  2. Meng’tim’ coklat bisa dengan cara mendidihkan terlebih dahulu air dalam sebuah panci lalu setelah itu letakan panci atau wadah yang lebih besar di atas panci tersebut. Wadah yang kedua ini berisi coklat batang. Usahakan jangan sampai uap air masuk ke dalam wadah kedua karena akan membuat mutu penampakan coklat menjadi tidak bagus. Tapi lebih asyik kalau punya panci khusus untuk meng’tim’ coklat.

  3. Siapkan kacangkacangan yang hendak dicampurkan dengan coklat. Kalau saya sih biasanya saya sangrai terlebih dahulu untuk kacang almon dan atau untuk kenari/mede saya goreng dulu dengan mentega dan ditiriskan hingga benarbenar tiris.
  4. Siapkan cetakan yang terlebih dahulu dimasukan kedalam lemari es.
  5. Masukan coklat yang sudah dicairkan lalu masukkan kacangkacangan yang diinginkan lalu timbun lagi dengan coklat atau terserah, karena bagian ini adalah asyiknya berkreasi sendiri.
  6. Bekukan dalam lemari es.
  7. Keluarkan dari cetakan, simpan dalam toples. Coklat lumayan bisa bertahan cukup lama kalau ditaruh dalam lemari es dan juga kalo ngga dimakanmakan :p

Selain kacangkacangan saya juga suka menggunakan kurma atau kismis atau sesekali permen jelly yang banyak dijual dipasaran.

Kalau ingin permen coklat berwarna selain coklat bisa digunakan coklat putih yang diberi pewarna makanan (cukup satu tetes saja).

dari www.pineapple-girl.comIde yang paling baru dari suami saya adalah membuat permen coklat dengan banyak ‘kerikil’ kacang di dalamnya. Caranya adalah dengan menghaluskan dua atau tiga buah jenis kacang yang sudah dimasak (goreng atau sangrai) -saya menggunakan blender karena malas mengulek- lalu mencampurkannya dengan coklat yang sudah dicairkan, baru dicetak dan didinginkan. Rasanya lebih gurih dan ‘krunci’.

gud lak!

Categories

1 comment

Add yours
  1. 1
    akbarfoto.com

    Top markotop resep n tips permen coklatnya. mo tanya niy bu, biar permen coklatnya lebih cremmy boleh tidak ditambah susu bubuk?. trus coklat compound jenis apa yang rasanya enak? trims.
    salam kenal

    Ana
    ww.akbarfoto.com

+ Leave a Comment

17 + 14 =