Memanaskan Kembali Makanan Sisa #Bukapuasa


Menyiapkan makan sahur yang paling cepat adalah dengan memanaskan kembali makanan sisa berbuka puasa. Tetapi ada beberapa makanan yang tidak enak jika dipanaskan kembali, misalnya tumisan atau gorengan.

  • Masakan Tumisan: Jika menu berbuka dan sahur adalah masakan tumisan yang sama, biasanya saya akan menyiapkan bahan-bahannya seperti menyiangi sayuran, merebus daging, dan lainnya di sore hari. Bahan-bahan yang sudah siap dibagi dua dan disimpan di kulkas. Yang satu untuk saya olah saat berbuka dan yang satu lagi akan diolah untuk sahur.
  • Makanan Gorengan: Makanan yang digoreng juga sebaiknya tidak dipanaskan dengan cara menggoreng kembali. Hal ini yang pasti akan merusak cita rasa makanan tersebut dan akan membuatnya semakin berminyak. Jika ada, gunakan microwave untuk memanaskan kembali atau diolah menjadi masakan lain. Misalnya ayam goreng menjadi ayam bumbu kecap, ikan goreng menjadi ikan bumbu belado, dan lain-lain.
  • Masakan berkuah: Memanaskan makanan jenis sup, berkuah, dan atau bersaus, terutama makanan yang mengandung santan harus sampai mendidih. Biarkan mendidih minimal 3 menit.
  • Masakan panggang/bakar: Masakan yang dipanggang menurut saya bisa dipanaskan dengan beberapa cara. Dengan memanggangnya kembali, menggunakan microwave, atau menggorengnya. Tergantung dari jenis bahan yang dipanggang.

4 Comments

Add yours
  1. 1
    cookingdj

    mbak hes, kalau orang sunda mah (setidaknya di keluarga aku) paling suka bikn “golendrang” yaitu campuran semua makanan sisa yg ada, mau kuah, goreng, tumis, dsb, dipanasin dgn sedikit minyak di wajan selama bbrp jam dgn api kecil sampai mengering, menyatu & gak keliatan deh bentuk asalnya itu dari makanan apa. hehehehe

    • 2
      hes

      Haha, sami atuh mba Kania 🙂 Tapi baru tau namanya golendrang artinya teh apa? Kalau aku biasanya yang dicampur aduk gitu kalo lebaran. Orak arik sisa rendang, sisa sambal goreng kentang, semur, mie goreng, acar timun wortel. Anehnya rasanya jadi tambah enak ya :p Hihi

      • 3
        cookingdj

        entah apa ya artinya.. ada yg bilang golendrang, ada yg bilang bolendrang. iya bener bangett.. mau bentuk udah gak karuan, tp rasanya enak! lucunya apapun asal muasal makanan yg dicampur, kok hasil akhirnya selalu sama/mirip2 ya rasanya? hehehe

+ Leave a Comment

5 × two =