Mencicipi Dapur Iron Chef

Mencicipi Dapur Iron Chef


SuasanaFoto

Kamis, 7 Februari 2013, MasukDapur berkesempatan mendatangi event Dapur Iron Chef di Plaza Senayan, Jakarta. Ada dua hal penting di acara itu: 1) screening program Iron Chef yang akan tayang di salah satu stasiun televisi nasional dan 2) icip-icip menu dari Dapur Iron Chef.

Jelas yang nomor dua itu adalah agenda yang paling mendebarkan buat kami. Kesempatan untuk mencicipi menu buatan Iron Chef tidak setiap hari datangnya.

Sebelum ke icip-icipnya, perlu diketahui bahwa Dapur Iron Chef adalah sebuah lokasi makan yang bertempat di Food Gallery, lantai LG Plaza Senayan. Di tempat itu ada berbagai menu makanan dari beberapa restoran, yang merupakan karya Iron Chef. Dapur Iron Chef mulai dibuka 9 Februari 2013.

Iron Chef sendiri, tentu banyak yang sudah tahu, adalah program televisi asal Jepang yang menampilkan kontes adu masak. Di Jepang, program TV ini sempat tayang pada 1993 – 1999, kemudian diadopsi ke berbagai negara termasuk “Iron Chef America”. Sejak Oktober 2012, program ini dihidupkan kembali oleh Fuji TV.

Icip-Icip Masakan Iron Chef

Dlam event di Diagonale, Plaza Senayan, cukup banyak undangan yang hadir. Akibatnya, memang perlu perjuangan sedikit untuk bisa mencicipi semua jenis makanan yang dihidangkan.

Di kesempatan itu, hanya beberapa makanan yang sempat saya cicipi. Saya coba “reka ulang” di sini:

1. Loco Moco:

Ini adalah makanan khas Hawaii (dari resto Aloha Terrace), terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan daging burger (patty), telor ceplok dan  brown sauce. Makanan ini agaknya merupakan gabungan antara rasa Jepang dan Barat, terbukti dari hadirnya daging burger di sana.

Secara umum, saya rasa Loco Moco bisa jadi favorit di Dapur Iron Chef, karena benar-benar cocok dengan selera Indonesia dan cukup nge-Pop untuk jadi makanan sehari-hari.

locomoco

2. Iron Chef’s Chen Spicy Black Ramen

Menu ini cukup unik, Ramen yang di Jepang secara tradisional mengandung babi dihadirkan dengan bahan-bahan Halal. Kuah ramen ini berwarna hitam dengan rasa yang kaya.

Resto Iroha Ramen, yang mendatangkan menu ini, memang memiliki Black Ramen sebagai salah satu signature dish-nya. Kuahnya menggunakan gabungan kecap ikan dan kedelai serta bumbu-bumbu lainnya.

Untuk yang Spicy, jangan diartikan sebagai pedas. Lebih tepatnya, kata spicy di sini merujuk ke kekayaan cita rasa bumbu di dalam kuahnya.

SpicyBlackRamen

3. Lomi-lomi Avocado Salmon

Lagi dari Aloha Terrace, Lomi-lomi ini adalah semacam salad dengan daging salmon dan potongan alpukat. Kombinasi alpukat mengkel dan daging salmon memang sudah banyak dibuktikan kelezatannya, misalnya di hidangan sushi. Jadi mengapa tidak, salmon dan alpukat bertemu lagi dalam sebuah “salad”?

Menu yang satu ini memang disajikan sebagai side dish, cocoknya untuk melengkapi hidangan lain yang lebih berat. Atau bagi yang sedang diet, mungkin bisa memilih hanya memakan salad saja. (Meskipun saya sendiri tak bisa membayangkan memuaskan rasa lapar hanya dengan semangkuk salad *uhuk*).

LomiLomi

4. Tebasaki

Menu lain yang sempat saya cicipi adalah Tebasaki (fried chicken wings) dengan beberapa variasi bumbu. Makanan ini cocok sebagai penganan teman ngobrol, sesuai dengan resto yang membawanya: Dai Tokyo Sakaba. Resto ini memiliki konsep Izakaya, yaitu tempat makan dan minum para pekerja sepulang kantor.

Dari banyak film (dan komik) Jepang kita tahu, kelas pekerja di Jepang kerap menghabiskan waktu pulang kantor untuk nongkrong di tempat makan. Nah, nama tempat itu adalah Izakaya.

tebasaki

5. Kona  Coffee dan Yuzu Honey Lemonade

Di kesempatan itu beberapa resto juga menghadirkan minuman andalan mereka. Saya sempat mencicipi dua di antaranya, yaitu: Kona Coffee dan Yuzu Lemonade.

Kona Hawaiian Coffee konon adalah salah satu kopi termahal di dunia. Kopi yang dihidangkan rasanya diwarnai aroma vanilla dan/atau karamel.

Sedangkan Yuzu Honey Lemonade adalah minuman favorit saya malam itu. Rasanya gabungan manis, asam dan getir. Perpaduannya sangat menyegarkan dan membuat lidah beristirahat setelah mencicipi masakan dengan berbagai bumbu. Cocok lah!

Kona Coffee dihadirkan oleh Aloha Terrace, sedangkan Yuzu Lemonade adalah dari Sagami (yang sebenarnya spesialis Soba, namun saya kehabisan Soba-nya *hiks*).

yuzuhoney

(Foto-foto makanan adalah dari Fact Sheet yang disediakan panitia acara. Mohon maaf karena kami tidak sempat membawa kamera ke acara itu, sedangkan foto-foto lewat ponsel agak kurang memuaskan hasilnya, seperti bisa dilihat pada foto paling atas yang menampilkan sesi foto-foto sebelum icip-icip)

+ There are no comments

Add yours

18 − 2 =