MieInstan


aksi.mdamt.netYang paling gampang kalau lagi malas masak adalah bikin sesuatu yang instan. Enak dan ngga cape ngolah bumbubumbu yang beranekaragam dan belum tentu tersedia di rumah (keabisan bawang misalnya).

Biasanya mie instan adalah pilihan utama. Dengan semakin beragamnya pilihan rasa dari miemie instan yang semakin membludak mereknya di pasaran, kita selalu bisa makan sesuatu dengan rasa yang kita suka dan pasti enak (ngga kurang asin misalnya).

Tapi welehweleh dampak sampingnya itu yang berbahaya. Walau ngga tercantum di kemasan, bahanbahan yang digunakan tentunya tidak alami lagi. Proses yang berbelitbelit hasil dari teknologi pangan yang mungkin saat ini semakin beradab tidak menjamin kalau bahanbahan instan itu tidak berbahaya bagi tubuh kita.

Tapi well yah segala macam tentang peringatan itu kadang masuk ‘kuping kanan keluar kuping kiri’ karena tetap saja kalau sedang lapar, hujan lebat, dan malas memasak, kita pasti akan segera membuka lemari dapur dan mengeluarkan satu dua mie instan, merebusnya dan menikmatinya hangathangat. Hmmmm…

Ibu hamil tentunya ngga boleh banyak mengkonsumsi miemie instan ini (walau saya, sekali dua kali mencuricuri makan mie instan kalau sedang amat sangat lapar dan belum sempat memasak, hasilnya? dimarahin suami :p). Dampak buruknya berpengaruh pada si janin yang sedang di kandung. Duh, ngeri..

Selain direbus dengan bumbubumbunya ada beberapa cara pengolahan yang biasanya saya lakukan untuk menambah rasa pada miemie instan itu.

Yang pertama,
mrebus mie instan dengan beberapa cabe rawit yang dipotong kecil setelah matang lalu dibubuhi dengan bumbubumbunya dan jeruk nipis. Ceplokan telur selama mie direbus, bila suka. Untuk resep yang ini biasanya saya menggunakan mie instan rasa soto.

Yang kedua (Contekan resep dari Mang Mamad dan Iah),
tumis bawang putih cincang, irisan bawang daun, irisan tomat, dan cabe rawit (kalau suka pedas) dengan sedikit minyak setelah harum tambahkan air sedikit saja lalu masukkan mie yang sudah direbus setengah matang (tambahkan kecap kalau suka). Untuk resep yang ini biasany saya menggunakan mie instan goreng atau rasa kari ayam (dengan bawang goreng).

Sebenarnya ada beberapa cara lain tapi tentunya cara bagaimana pun dan kreasi apapun pasti akan menghasilkan mie dengan rasa yang enak (kecuali kelupaan dan gosong sewaktu di rebus).

kasih tahu kalau ada caracara yang lain ya 🙂

Categories

+ There are no comments

Add yours

twelve − 11 =