Nasi Goreng Kunyit


Nasi goreng kok kuning? Saya bertanya-tanya sewaktu pertama kali melihat nasi goreng yang tersuguh di meja makan berwarna kuning. dari www.pineapple-girl.com Banyak masakan baru yang saya tahu, saya cicipi, dan saya ‘curi’ resepnya dari dapur keluarga suami saya sejak pertama kali saya memasuki lingkungan keluarga ini. Satu diantaranya adalah nasi goreng kuning yang saya pertanyakan ini. Meski awalnya sempat heran, akhirnya saya malah ‘jatuh cinta’ pada resep nasi goreng tanpa kecap ini.

Pada banyak kesempatan saya sering iseng menghadirkan menu tersebut di meja makan. Kalau kata suami saya sih, nasi goreng kuning itu mengingatkannya pada almarhumah ibunya. Nah, bersamaan dengan Hari Kartini ini, kenapa tidak saya coba hadirkan nasi goreng kuning, sedikit banyak sambil mengenang almarhumah.

Bahan-bahannya:
Satu piring besar nasi putih. Daging dada ayam direbus 100 gr, dipotong kotak. Kaldu hasil rebusan ayam 50 ml. Dua batang daun bawang diiris tipis. Bumbu yang dihaluskan: 3 buah cabai merah, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 ruas jari kunyit, garam dan gula secukupnya. Minyak goreng untuk menumis (bisa diganti dengan 3 sendok makan margarin). Telur ceplok, mentimun, tomat, dan emping untuk pelengkap.

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.

3. Masukan potongan ayam yang sudah direbus, irisan daun bawang, dan kaldu, aduk rata, diamkan sampai kaldu agak mengering.

4. Masukan nasi putih, aduk rata.

5. Angkat dan sajikan dengan pelengkap

Selamat Hari Kartini! Sukses untuk wanita indonesia dan dapurnya. 🙂

Salam,

Hesti

15 Comments

Add yours
  1. 1
    ika

    aduuuh baunya kecium dari sini deh … yummmmmmm !

    makasih ya hesti udah ikutan lomba masaknya blogfam … pokonya nantikan pengumumannya ya 😉

    – bu juri lomba –

  2. 2
    Retno

    ya ampun salah masuk nih, asli jd tambah laper 🙁
    warna nasi gorengmu cantik lho!

    makasih ya udah ikut lomba!

    ++retno
    rwidiani.blogspot

  3. 5
    Shendy

    psst, gw nge-vote nasgor ini lhoo, kirimin dong sekalian 😀

    he..he.. lam kenal ya, boleh contek resepnya kan buat sarapan pagi neh.

  4. 10
    itha

    Hesti .. selamat yaa… memang nasgor kamu ini unik loohh. Ngeliatnya aja udah ngeces duluan.

    eh .. ternyata kamu tinggal di depok ya.. deketan dong kita.

    tunggu aja kiriman hadiahnya ya.

  5. 11
    ika

    hesti,

    selamaat ya udah menang juara pertamaa .. oiya tolong pm aku alamat rumahnya utk pengiriman hadiahnya (nick saya di blogfam : ikaray)

    trus mau beritahu kalau resepnya terpilih untuk ditampilkan di majalah online blogfam edisi bulan mei yg di publish tgl 6 mei nanti 😉

    http://bz.blogfam.com/

  6. 12
    lewisalaxander49690093

    Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

    Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

    Get these Degrees NOW!!!

    “BA”, “BSc”, “MA”, “MSc”, “MBA”, “PHD”,

    Get everything within 2 weeks.
    100% verifiable, this is a real deal

    Act now you owe it to your future.

    (413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

  7. 13
    adcornelia

    waaa selamat yaa hestiiiii 🙂
    mau yah diajarin masak2nya hehehe…
    salam buat wicaks n calon baby yah =)

  8. 14
    hes

    Tengkyuuuuu buat semuanya ;D

    Seneng banget akhirnya bisa menang sesuatu ;p
    Seneng banget akhirnya bisa punya apron :p

    Hesti

  9. 15
    ika

    hesti,

    hadiahnya udah kukirim langsung ke alamatmu ya, tadinya aku nunggu konfirmasinya via pm (forum), karena ga dijawab2 ya sudah akhirnya memutuskan kirim langsung aja .. semoga sampai dan nggak hilang di jalan ..

    mungkin sekitar 2-3mgg sampenya 😉

+ Leave a Comment