Masak Bareng Yuuk: Nasi Uduk Goreng


Biasanya nasi adalah masakan yang terakhir saya siapkan menjelang makan malam. Bukan apa-apa, saya tak terlalu suka masak nasi. Entah kenapa 😳 Hehe

Masakan ini saya buat bulan Januari lalu. Pagi itu sewaktu saya hendak membuat nasi goreng -saya sudah menyiapkan bahan-bahannya- ternyata nasi putihnya sudah habis. Woalah.

Saya pergi ke warung nasi uduk di depan rumah untuk membeli nasi uduk saja tanpa pelengkapnya. Saya pikir ngga apa-apalah sama-sama putih. Haha.

Ide saya hanyalah menambahkan udang dan ati ampela ayam ke dalam nasi uduk yang sudah gurih. Tapi saat mengaduk nasi saya terpikir untuk menambahkan kecap. Dengan harap-harap kalau ngga enak, kita keluar saja sarapan bubur di pasar :mrgreen:

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari. (id.wikipedia)

Nasi Uduk Gorengnasiudukgoreng

Bahan:

  • 1 piring besar nasi uduk
  • 100 gram udang besar, kupas kulit
  • 2 buah ati ampela yang sudah digoreng, potong-potong kecil
  • 1 siung bawang putih, rajang halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah cabai merah, potong serong
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum
  2. Masukkan cabai dan daun bawang, aduk rata
  3. Masukkan udang, aduk masak hingga udang memerah
  4. Masukkan nasi uduk dan ati ampela, aduk rata
  5. Tambahkan garam dan kecap, aduk rata, masak hingga nasi mengerak di dasar wajan
  6. Angkat dan sajikan hangat

Gud lak! 😉

10 Comments

Add yours
  1. 1
    Zee's

    Wuihh.. Bru denger nih nasi uduk goreng.. Kayanya enak tuh.. ::droll::

    tp sayang, sepertinya susah bwt coba resep ini, habis.. D sini susah cari yg jual nasi uduk pagi2, jrg bgt, blm pernah liat ada yg jual nasi uduk rumahan spt yg ada d jkt.. 🙁 klo mau mkn nasi uduk pagi2 ya harus bkn sendiri.. -Naseb anak kos- :p

  2. 4
    fikrie

    weh baru liat nasiuduk goreng 😀
    jadi pengen nyoba bikin soalnya bosan juga tiap pagi makan nasi uduk melulu *rumah saya dekat tukang nasi uduk mungkin karena gag mau repot Ibu saya selalu menyajikan sarapan nasi uduk
    terima kasih 🙂

  3. 5
    masak bareng yuuk

    Haloo Hesti,
    terima kasih ya udah ikutan MasBar bulan 03 ini.
    jangan kapok untuk ikutan lagi bulan2 depan yaaa…
    oh iya, tunggu aja round-upnya segera awal bulan nanti & silahkan kalau mau ikutan polling tema menu untuk bulan depan, silahkan kunjungi Rumah MasBar. oke?

    salam,

+ Leave a Comment

1 + 17 =