Otak-otak Ikan Wortel Pediasure


It really is a great day!

Sewaktu mengirimkan resep untuk mengikuti lomba masak yang diadakan Pediasure, saya tak terlalu berharap bahwa saya akan lolos dari seleksi awal hingga mencapai ke level finalis. Tapi keberuntungan rupanya sedang mendekati saya Ah saya senang sekali. It’s an opportunity, it’ll be a great experience.

Saya mengirimkan resep ini setelah melihat anak-anak saya mau memakan otak-otak biasa yang saya buat. Anak-anak saya susaaaaah sekali makannya. Saya berpikir bagaimana kalau saya ‘menyembunyikan’ sayuran yang paling mereka tidak suka ke dalam otak-otak tersebut.

Uji coba saya berhasil, anak pertama saya mau mencicipi (dan minta tambah) otak-otak yang saya buat dengan resep biasa hanya saja diberi tambahan wortel. Untuk  mengurangi kerepotan anak-anak membuka bungkus daun pisang yang biasa digunakan untuk membungkus otak-otak, saya menggantinya dengan cara membuat otak-otak tanpa dibungkus daun pisang.

Sewaktu technical meeting dijelaskan salah satu syarat resep yang diminta adalah resep yang menggunakan susu Pediasure sebagai salah satu bahannya tetapi itu bukan syarat utama. Saya mengajukan resep baru saat itu, Otak-otak Ikan Wortel Pediasure. Saya berpikir untuk mengganti santan dengan ‘susu’.

Sebenarnya Pediasure bukanlah susu biasa. Pediasure adalah suplemen tambahan JIKA DIBUTUHKAN, misalnya jika anak-anak termasuk picky eater sehingga asupan gizi yang tidak terpenuhi karena tidak ada makanan yang masuk, dapat dipenuhi oleh Pediasure.  Walaupun begitu Pediasure bukanlah pengganti makanan, makanan padat tetap dianjurkan untuk anak-anak.

Penggunaan Pediasure sebaiknya memang tidak melalui proses pemanasan lebih lanjut karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya, seperti anjuran Bara  Pattiradjawane saat demo memasak di acara Healthy Cooking Competition.

Otak-otak Ikan Wortel Pediasure

Bahan:

  • 250 gram daging ikan tenggiri
  • 1 buah wortel, serut
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 100 gram tepung sagu
  • 50 gram Pediasure yang dilarutkan dalam 100 ml air matang (yang dingin)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Perlengkapan:

  • 1 buah keranjang dim sum ukuran sedang (atau wadah apa saja yang berlubang). Wadah yang berlubang membuat air yang dikeluarkan dari pengukusan tidak tertampung sehingga membuat basah adonan.
  • 1 lembar daun pisang

Cara membuat:

  1. Campur dan haluskan semua bahan
  2. Masukkan ke dalam wadah yang telah diberi alas daun pisang yang dilubangi
  3. Tutup dengan daun pisang
  4. Kukus kurang lebih 30 menit
  5. Angkat dan potong-potongatau cetak dengan bentuk-bentuk menarik seperti bintang, bulan, binatang, dan lain-lain
  6. Jika suka panggang otak-otak terlebih dahulu di atas wajan datar yang dialasi daun pisang atau goreng sebentar sebelum disajikan
Lama persiapan: 30 menit
Lama memasak: 30 menit

2 Comments

Add yours
  1. 1
    melly

    Pengen nyobain deh jadinya bikin otak2
    aku pikir bikin otak2 itu susah,…tp gak tau jg sih kan blm nyoba..hehehe

    btw, selamat ya mba jadi pemenang 🙂

+ Leave a Comment