Paella Asia di Y&Y Resto


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sewaktu film Harry Potter 7 bagian 2 diputar di Indonesia beberapa waktu lalu, kami yang selalu menonton Harpot di bioskop sejak sebelum menikah tentu saja berkeinginan untuk menutup tradisi dengan menonton film ini terakhir kalinya. Biasanya Wicak akan menolak undangan menonton Harpot. Tetapi sewaktu kemarin ditawari lagi dan ia mengajukan syarat ‘Kalau boleh ajak istri, saya ikut’ dipenuhi maka ia menerima undangan tersebut. Uhuy!

Sejak menikah, kami hampir tidak pernah janjian di suatu tempat tanpa anak-anak. Kali ini kami sengaja menitipkan anak-anak sebentar untuk date berdua saja

Berangkat ke Pacific Place selepas pulang kantor, kami memutuskan untuk makan malam dulu sebelum menonton. Bingung mau makan apa karena pilihannya banyak dan semua Saya ingin coba, kami memutuskan untuk makan di Y&Y.

Sebenarnya sih ingin mencoba restoran-restoran dengan dekorasi ruangan yang ‘tradisional’ tapi karena bingung, sudah lapar, dan dikejar jam tayang filmnya, kami akhirnya masuk ke restoran bernuansa putih minimalis. Kami memilih smoking area kendati tidak merokok. Kebetulan saja tempatnya agak memojok, bisa melihat pemandangan ‘boat’ di atas air, dan tidak ada orang jadi tidak ada yang merokok.

Boat di atas air itu ternyata juga adalah bagian dari restoran ini. Boat ini dilengkapi dengan beberapa tempat duduk untuk para tamu bersantap. Selain boat tiruan juga ada miniatur mercusuar. Menarik. Suasanany cukup menyenangkan sepertinya, duduk-duduk di atas boat yang dengan gemricik air dan menikmati makanan enak yang disajikan. There’s a price to pay yang pasti!

Karena kami memilih makan di ruang biasa kami tidak mendapatkan kemewahan itu walau.. yaah tapi dapat duduk di situ dan lalu memesan makannya saja sudah merupakan kemewahan ya karena harga yang tercantum di menu sama sekali bukan harga sekedarnya. Hehe.

Sebelum memutuskan masuk sebenarnya kami sudah melihat menu. Paella asia adalah yang paling menarik perhatian kami. Pertama karena saya ingin mencoba paela dan yang kedua harganya masih terjangkau Jadi kami memesan Asia Paella yang  setelah ditanya ternyata cukup untuk berdua dan seporsi Squid Salad.

Squid Saladnya disajikan dalam piring yang lumayan besar, cukuplah untuk menu pembuka buat kami berdua. Salad ini hanya berisi potongan daging cumi yang kayanya digoreng dan robekan-robekan lettuce dengan dressingnya kayanya campuran lemon, olive oil, garam dan mungkin gula. Sederhanaa banget tapi enak luar biasa. Saya suka sekali pada salad dengan lemon dressing dan olive oil. Sukkaaa sekali

Paellanya datang tidak lama setelah saladnya datang. Untuk ukuran masakan yang enak disantap  segar dan panas, paella ini cepat juga disajikannya. Sekitar 10 menit setelah kami memesan. Kami sampai takjub apalagi ternyata rasanya juga segar dan sedap. Seafoodnya segar, nasinya gurih dan matang dengan banyak paprika dan bawang bombay plus juga tidak terlalu lembek apalagi keras. Pas!

Sedikit banyak kami tahu bagaimana membuat paella. Wicak malah pernah membuat paella di negeri asalnya, Spanyol.

Paella adalah nasi yang berasal dari Valencia. Terbuat dari beras dan campuran beberapa bahan dan bumbu. Bumbu yang paling utama adalah safron dan minyak zaitun. Paella adalah kata dalam bahasa Catalan yang berasal dari bahasa Prancis Kuno yang berarti pan/wajan datar. Makanan ini dikenal juga sebagai makanan nasional Spanyol.

Mungkin karena namanya paella asia jadi tak ada rasa asing di mulut kami dan nasinya juga matang tidak seperti paella yang dinikmati suami saya itu di Spanyol, masih berasa beras setengah matang. Mungkin khasnya paella memang begitu ya nasinya dimasak setengah matang atau al dente?

Sajiannya sedap, pelayanannya cepat dan kami bisa menikmatinya berduaan. Makan malam hari itu sangat menyenangkan.

Y&Y Pacific Place
Jakarta

+ There are no comments

Add yours