Panada


panada

Resep panada yang diberikan oleh mba Trie Ismawarni di pages masukdapur sudah saya coba. Dan seperti yang beliau bilang hasilnya memang mantap! 😀 Terima kasih banyak ya mba Trie ..

Menurut id.wikipedia panada merupakan jajanan khan Manado. Panada adalah salah satu kue khas Manado yang berupa kue pastel yang diisi dengan ikan laut cakalang dibumbu panpis (bumbu panpis adalah ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, sedangkan ikannya disuir kecil-kecil).

Saya baru tahu loh 😳 Setahu saya panada selalu berisi kentang wortel dengan sedikit daging sapi atau ayam giling. Dan sekalipun saya cukup sering membuat roti tapi entah kenapa tidak pernah terpikir untuk membuat panada. Walau setelah dipikir-pikir alasannya adalah saya malas memotong kentang dan wortel dengan bentuk dadu yang kecil-kecil itu :mrgreen: Dasar pemalas. Hehe ..

Panada sering disamakan dengan kue pastel. Pada dasarnya adonan pastel hampir sama dengan adonan panada hanya saja penambahan ragi pada panada membuat adonan panada serupa roti, lebih kenyal dan empuk. Sementara pastel biasanya lebih garing. Keterangan dari ibu mertua. Hehe, saya sendiri belum pernah juga membuat pastel.

Panada

Bahan dan cara membuat:

Isi

  • 250 gram daging ikan tongkol basah, digoreng, disuwir-suwir
  • 3 buah wortel, diparut menggunakan parutan keju, diperas, dibuang airnya
  • Bumbu halus: 3 siung bawang putih, 2 buah bawang merah, 5 buah cabai merah
  • 1/2 sdt grama
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu yang sudah dhaluskan hingga matang
  2. Masukkan daging tongkol dan wortel, aduk rata
  3. Tambahkan garam dan gula, aduk, masak hingga wortel matang dan air meniris
  4. Angkat

Kulit

  • 250 gram terigu cakra kembar
  • 11 gram ragi instan (fermipan)
  • 1 buah kuning telur
  • 1 sdm minyak goreng/margarine
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • air secukupnya

Cara membuat:

  • Campur dan aduk rata terigu, ragi, garam, gula, minyak/margarine, dan telur
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit
  • Uleni hingga kalis
  • Buat bulatan besar, simpan dalam wadah dan diamkan sekitar setengah jam
  • Bagi adonan menjadi 10 buah, bentuk bulatan

Membuat panada

  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  1. Pipihkan bulatan adonan kulit satu per satu isi dengan adonan isi, tutup
  2. Goreng dalam minyak panas (deep fry) hingga kecoklatan, angkat
  3. Sajikan dengan saus sambal botolan

Gud lak! 😉

13 Comments

Add yours
  1. 2
    harry Christian

    Jadi Inget papa saya kalo bikin panada…
    Sebenarnya bikin panada susah-susah gampang.. adonan pake dibanting-banting segala.
    kalo gak pas bantingannya, bisa-bisa pada saat digoreng bisa pecah deh..

    mending enakan beli jadi aja deh..hehehe

+ Leave a Comment

3 × five =