Paru Terong Balado


terong-paru-balado

Saya dan Wicak tidak suka terong balado. Tapi itu dulu, sekarang walaupun dibilang bukan penggemar tetapi sudah mau menikmati lembutnya (atau lembeknya) terong goreng yang dibalut bumbu cabai merah ini.

Biasanya saya memang mensiasati terong menjadi lauk yang bisa kami santap. Salah satunya adalah terong balut tepung. Yah mungkin sama dengan tempura terong tapi lebih sederhana bahan-bahan pembuatnya.

Tempura adalah makanan khas Jepang biasanya berupa makanan laut atau sayuran yang dibalut tepung dan digoreng kering. Adonan cair atau batter untuk tempura terbuat dari air dingin dan tepung protein rendah. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan tepung tempura yang renyah. Sebagai pelengkap batter biasanya ditambahkan juga bahan-bahan seperti telur, baking soda, tepung maizena, minyak juga bumb/ (en.wikipedia.org)

Paru Terong Balado

Bahan:

  • 1/4 kg paru
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1  lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • Air matang secukupnya
  • 3 buah terong kopek ungu, potong-potong bulat
  • 250 ml minyak untuk menggoreng
  • 1 buah tomat merah, potong kecil-kecil

Haluskan:

  • 10 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Didihkan air lalu masukkan paru, lengkuas, daun salam, dan garam
  2. Rebus paru hingga empuk sekitar 1 jam, angkat dan tiriskan
  3. Potong paru kecil-kecil atau sesuai selera
  4. (Option) Goreng paru sebentar dalam minyak panas, sisihkan
  5. Goreng potongan terong dalam minyak panas hingga coklat
  6. Angkat, sisihkan
  7. Tumis bumbu yang sudah dihaluskandan potongan tomat hingga matang — jangan lupa diaduk
  8. Masukkan paru dan terong, aduk rata
  9. Angkat dan sajikan
Persiapan: 1 jam
Lama memasak: 15 menit
Untuk 2-3 orang

4 Comments

Add yours
  1. 4
    rumahkayu

    oh aku slama ini ngga kepikiran bahwa paru bisa jg dicampur ke terong balado ya..selama ini yg ak pake cuma teri 🙂

    ntar nyoba ah. Kalo parunya dipotong kecil2 n agak dikeringin dulu sebelum dicampur enak pastinya ya.. Haaa ngebayanginnya aja udah asyik banget… d.-

+ Leave a Comment

one + 3 =