Perkedel Jagung

Perkedel Jagung


Reposting dari tahun 2009.

 

Kalau saya boleh memuji satu masakan saya, saya akan memuji perkedel jagung buatan saya 

Bukan karena perkedel jagung saya super uenak atau luar biasa istimewa  tetapi karena diantara banyak perkedel jagung yang pernah saya cicipi, saya paling suka perkedel jagung buatan sendiri. Hehe. Kebetulan anak-anak saya suka jadi yah ini salah satu hasil masakan yang paling saya banggakan

Saya selalu merasa perkedel jagung yang pernah saya cicipi  terlalu berbumbu dengan jagung yang ditumbuk agak terlalu halus. Aroma dan rasa bawang putih plus merica terasa kuat dalam setiap gigitan.

Masalahnya saya tidak suka aroma dan rasa bawang putih yang mendominasi rasa perkedel jagung. Menurut saya, entah itu perkedel jagung atau perkedel kentang, rasa yang harusnya ditonjolkan adalah rasa bahan utamanya. Itu mengapa saya tak terlalu suka ‘bermain’ dengan bumbu setiap kali membuat perkedel.

Saya juga terbiasa membuat perkedel jagung tanpa menumbuk jagungnya. Walau mungkin hal ini ‘melanggar’ konsep dasar pembuatan perkedel yaitu menumbuk atau melumatkan dan membentuk tapi toh kreasi di dapur adalah hak penuh si pemasak. Hehehe.

Perkedel Jagung

Bahan:

  • 3 buah jagung manis, pipil (lepaskan dari bongkolnya)
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah telur ayam, kocok lepas
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica halus
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur jagung yang telah dipipil dengan telur ayam, daun bawang, terigu, garam dan merica, aduk rata
  2. Panaskan minyak
  3. Goreng satu sendok makan adonan. Biasanya dalam satu wajan ukuran sedang hanya menampung 3 perkedel karena adonan perkedel akan mengembang
  4. Goreng hingga matang di kedua sisi
  5. Angkat dan tiriskan

11 Comments

Add yours
  1. 1
    anny

    Nyammm….kresss..kress….renyah, gurih lezat, kalo aku ke Depok sediain ini ya plus sambal cibiuk tea 😀
    Heuhh meni ngaririweuh kata Hesti teh 😀

  2. 6
    melly

    seminggu sekali dirumahku bikin jagung perkedel ini..hehe
    yg kebagian tugas bikin selalu aku..

    resepnya sama..tp gak tau klo soal rasa..
    uhuyy..enaknya makan pake cabe rawit atau cocol sambel dengan nasi panas. gleekk..nyammm ..nyaammm 😀 😀

  3. 8
    hes

    @luv: renyah yes 😀
    @’dee: cocok banget mba d 😉
    @melly: seminggu sekali? wah terjadwal mel? :mrgreen:
    @anjari: *hugh, merasa tersindir karena tak pernah kopdar 😆 * .. yang penting eksis selalu di blog, mas ari :mrgreen: haha membela diri..

+ Leave a Comment

7 − one =