Pesan Makanan, Titip Sama Panda

Pesan Makanan, Titip Sama Panda


Jika sedang berhalangan memasak alias agak malas hehe dan ngga kepengen keluar rumah, saya biasanya mengandalkan pesanan antar restoran tertentu.

Beberapa brosur restoran yang bisa pesan antar terselip di samping kulkas saya. Brosur itu biasanya menampilkan menu makanan yang bisa dipesan dan tentu saja nomor teleponnya.

Kebanyakan dari brosur itu dan nomor-nomor resto pesan antar yang saya miliki berasal dari restoran cepat saji atau restoran bakmi. Sebenarnya bosan karena beberapa menu restoran cepat saji sering kali serupa dan yaa itu-itu aja.

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan dengan Foodpanda. Mendengar namanya, awalnya saya pikir perusahaan makanan yang memproduksi makanan beku hahaha salah deh. Lalu saya melihat sekilas situsnya dan dugaan pertama adalah perusahaan yang membantu pengantaran makanan dari beberapa restoran yang tidak ada pesan antarnya hehehe ternyata masih salah. Siapa suruh main-main sama asumsi yaa :p

Apa Itu Foodpanda?

foodpanda

Kemarin saya mencoba melihat lebih jelas apa sih Foodpanda. Perusahaan rintisan yang bergerak dibidang online food delivery ini ternyata menjembatani tempat-tempat makan yang memiliki layanan pesan antar dengan pelanggannya.

Foodpanda seperti pengantar pesan yang akan menyampaikan pesan dari seseorang ke orang yang dituju. Jadi saat kita memesan melalui Foodpanda, mereka akan menyampaikan pesanan kita dan menyampaikannya ke restoran yang kita inginkan.

Restoran Yang Terdaftar

Saya mencoba mencari tahu restoran apa saja yang terdaftar di Foodpanda di area tempat tinggal saya. Ada beberapa restoran yang saya baru dengar namanya. Seru juga karena beberapa restoran itu menawarkan masakan yang berbeda.

Tapi mungkin daftarnya belum terlalu lengkap ya karena banyak restoran atau tempat makan yang saya tahu menyediakan layanan pesan antar di area tempat tinggal saya belum tercantum di sana. Mungkin belum bekerjasama.

foodpanda_area

Bukan cuma restoran dan profilnya yang ditampilkan tetapi juga menu yang bisa dipesan lengkap dengan harganya.Jadi kalau kita tidak kenal restorannya, kita tinggal lihat saja menu apa yang ditawarkan. Kalau tidak suka yaah pilih restoran lain. Hehe.

Tapiii Foodpanda bukan perusahaan pesan antar looh. Pengantaran makanan dilakukan sendiri oleh restoran-restoran yang terdaftar di Foodpanda. Semua restoran itu memang memiliki fasilitas delivery service-nya sendiri jadi Foodpanda hanyalah perantara.

Label Halal

foodpanda_halal

Ini penting looh, di tiap profil restoran ditampilkan label halal atau tidaknya. Jadi kalau yang memang mencari restoran halal ngga usah ragu-ragu lagi.

Cara Memesan

Saya mencoba untuk sign up kemarin. Tapi karena saya kesulitan menemukan link sign up-nya jadi saya bertanya lewat fitur livechat di situsnya. Ternyata untuk sign up harus order dulu nanti secara otomatis akan terdaftar sehingga bisa tinggal login di kemudian hari jika ingin order lagi.

Oke, saya kemudian mencoba untuk order. Karena saya tinggal di Depok, saya memilih Jakarta sebagai City Area dan memilih Depok untuk mencari restoran terdekat. Kebetulan anak sulung saya ingin Pizza, jadi saya memesan Pizza di Gian Pizza.

Saya memesan makanan lewat menu dengan cara mengklik tombol-tombol yang secara otomatis langsung ditampilkan di kolom cart di sidebarnya. Di kolom cart itu kita bisa menambahkan porsi yang kita inginkan. Secara otomatis total pembayaran berikut biaya pengiriman dan lain-lain sudah terlihat jadi kalau kebanyakaaan bisa pikir-pikir lagi, “Kurangi ngga yaaa?”. Hehehe.

foodpanda_order

Setelah memesan bisa lanjutkan dengan mengklik tombol order now lalu akan muncul form data diri kita yang kemudian akan diverifikasi kebenarannya.

Kalau proses verifikasi lancar maka kita akan segera di telepon oleh untuk mengkonfirmasi pesanan. Ternyata pesanan minuman saya tidak tersedia. Antara mereka memang tidak menyediakan minuman sebagai menu pesan antar atau memang sedang kehabisan. Kalau memang tidak menyediakan mungkin sebaiknya tidak dicantumkan dalam menu pesan antarnya ya? 😉

Makanan akan diantarkan sesuai dengan waktu pengiriman yang tertera di profil restorannya. Semua pemberitahuan menu yang dipesan juga akan disampaikan lewat email dan beberapa pemberitahuan singkat disampaikan lewat sms. Semua pembayaran makanan dilakukan saat pengiriman tiba (cash on delivery).

Aplikasi Foodpanda

foodpanda_aplikasi

Selain di situs, aplikasi Foodpanda bisa diunduh di Android dan iOS. Kebetulan saya sudah mengunduhnya tetapi belum sempat saya coba. Tampilannya simple sehingga sepertinya mudah digunakan. Yah kapan-kapan dicoba deh kalau sedang malas lagi dan lagi banyak uang. Hehehe.

3 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

11 + 7 =