Pilih Dispenser Air, Tabung Atas atau Bawah?

Pilih Dispenser Air, Tabung Atas atau Bawah?


Salah satu peralatan dapur yang tak bisa dipisahkan dari dapur masa kini adalah dispenser air. Selain untuk minum, kami menggunakan air dari dispenser untuk memasak. Selain agar lebih terjamin kebersihannya juga untuk menjaga kualitas dan rasa masakan. (Soal rasa, mungkin lain kali, kalau sempat, akan dibahas soal hubungan air dan rasa masakan).

Nah, soal dispenser air kami sendiri sekarang menggunakan dispenser air tabung bawah. Sudah kurang lebih tiga tahun belakangan kami menggunakan dispenser tabung bawah. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, kami memakai dispenser tabung atas.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami dalam memilih peralatan dapur yang satu itu:

Dispenser Air Tabung Atas

Keunggulan:

Hal pertama yang boleh dibilang jadi keunggulan memilih dispenser air tabung atas adalah harganya. Ya, mungkin karena modelnya yang terbilang lawas, perangkat yang khas dengan tampilan galon terbalik di atasnya ini biasanya dijual dengan harga relatif lebih murah dibandingkan model tabung bawah.

Keunggulan kedua, dispenser air tabung atas tidak menggunakan pompa untuk menarik air. Artinya, penggunaan listriknya juga relatif lebih hemat karena hanya digunakan untuk memanaskan atau mendinginkan air saja.

Keunggulan ketiga, kita bisa melihat langsung kapan air di tabung sudah mau habis. Tentunya bagi banyak orang, tampilan tabung galon yang ‘telanjang’ itu juga tidak sedap dipandang. Dan keunggulan ketiga ini bisa jadi dianggap sebagai kekurangan.  

Kekurangan:

Oke, sekarang soal kekurangannya. Pertama, meneruskan yang sebelumnya disebutkan, adalah dari sisi tampilan. Pemandangan dapur dengan galon terbalik memang bukan pemandangan paling sedap yang bisa disaksikan. Itu mengapa dari dulu sudah banyak juga produk penutup galon dari kain dengan aneka corak dan warna, guna mengurangi tampilan tidak sedap dispenser air tabung atas.

Kekurangan kedua adalah mungkin yang paling penting: risiko kesehatan. Mengangkat galon air bukanlah hal yang menyenangkan. Jika dilakukan dengan salah, mengangkatnya juga bisa jadi risiko kesehatan tersendiri, apalagi jika kondisi badan memang tidak terbiasa mengangkat benda berat.

Apalagi, perlu diingat bahwa proses mengangkat tabung dilakukan dalam kondisi tabung telah dibuka. Ada risiko bahwa pengangkatan tabung itu gagal, lalu tabungnya jatuh dan menimbulkan kekacauan lebih besar lagi. Mulai dari kemungkinan menimpa benda (atau orang!) lain, atau menyebabkan tumpahnya air ke dapur.

Dispenser Air Tabung Bawah  

Keunggulan:

Keunggulan pertama dispenser air tabung bawah adalah kemudahannya. Ini juga jadi keunggulan utama karena kemudahan meletakkan tabung tanpa harus membalik galon sambil mengangkatnya adalah hal yang luar biasa. Risiko kecelakaan pun berkurang jauh.

Keunggulan kedua adalah dari segi tampilan dan ukuran. Dispenser air tabung bawah jauh lebih sedap dipandang, bisa berbaur dengan baik dengan perabot dapur lainnya dan ukurannya lebih ringkas.

Kekurangan:

Meski demikian, dari sisi kekurangan ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Kekurangan pertama, tentunya, dari sesi biaya. Mulai dari harga dispenser air tabung bawah yang relatif lebih mahal hingga penggunaan listrik yang kemungkinan lebih mahal karena adanya pompa.

Kekurangan berikutnya, adalah dari sisi perawatan. Karena posisi tabung di bawah, perabot yang satu ini jadi sangat tergantung pada pompa yang mengalirkan air dari tabung ke ruang penyimpanan air. Jika mati lampu, bukan hanya air tidak dingin atau panas, tapi air bisa tidak mengalir. Kemudian, selalu ada risiko pompa rusak yang membuat dispenser harus diservis untuk bisa digunakan lagi.

Kesimpulan:

Bagi kami, dengan melihat pertimbangan-pertimbangan di atas, pilihan akhir tetap jatuh pada dispenser air tabung bawah. Sisi kepraktisan dan kenyamanan  mengalahkan hal-hal lain. Apalagi dari risiko kesehatan mengangkat tabung yang berat dan berisiko jatuh. Mengingat kita tak selamanya muda, menggunakan dispenser air tabung bawah jadi pilihan pas untuk kami saat ini.

Bagaimana dengan Anda? Apapun pilihannya, untuk mendapatkan dispenser air sesuai kebutuhan Anda, coba cari di MatahariMall.com.

+ There are no comments

Add yours