Pisang Kelapa

Pisang Kelapa



Anak-anak saya sukaaa sekali pisang. Segala jenis pisang yang enak dimakan segar, seperti pisang ambon, pisang mas, pisang sun pride, dan lain-lain. Kendati ada beberapa penganan pisang yang mereka suka tetapi selebihnya mereka lebih banyak  menolaknya :p

Kemarin sewaktu makan pisang ambon, mereka hanya memakan setengahnya. Kebetulan ukuran pisangnya cukup besar. Pisang yang sudah dibuka dan disimpan biasanya akan menjadi coklat karena proses browning.

Proses browning atau pencoklatan adalah terbentuknya warna coklat pada bahan pangan secara alami. Hal ini dikarenakan adanya enzim tertentu yang terkandung didalam buah-buah yang bereaksi dengan oksigen. Buah-buahan yang biasanya mencoklat setelah dibuka kulitnya misalnya pisang, apel, pir, salak dan juga kentang.

Nah, sebelum terjadinya pencoklatan itu, sisa pisang yang tadi dimakan anak-anak saya buat menjadi pisang balut kelapa. Ujung sisa gigitan saya potong dan buang. Sisanya saya potong kecil.

Untuk menonaktifkan enzim penyebab pencoklatan itu, saya gunakan vitamin c untuk merendam pisang. Sumber vitamin c paling mudah yang bisa saya dapatkan di kulkas adalah jeruk nipis :p

Pisang Kelapa

Bahan:

  • 2 buah pisang ambon, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 sdm kelapa parut kupas

Cara membuat:

  1. Sangrai kelapa parut hingga mengering dan sedikit kecoklatan, sisihkan
  2. Peras jeruk nipis diatas pisang yang sudah dipotong, aduk rata perlahan
  3. Gulingkan di atas kelapa sangrai
  4. Simpan di freezer kurang lebih setengah jam
  5. Sajikan

+ There are no comments

Add yours

2 × 5 =