Pisauku Pisau Favorit


Salah satu benda yang kudu ada di dapur adalah pisau. Pisau haruslah tajam, bersih  (tidak berkarat), dan nyaman dipegang. Hal ini memudahkan kita berkreasi di dapur.

Sebaiknya memilih pisau dari bahan  stainless steel,  selain tidak mudah berkarat juga tajamnya awet dan mudah dibersihkan.

Untuk mempertahankan ketajaman tentunya pisau harus diasah secara berkala.Biasanya sih saya mengasahnya dengan batu asahan (kalau ada dan kalau tidak malas) tapi paling sering minta diasahin tukang asah pisau yang lewat depan rumah, lumayan sekali asah Rp. 1500 😀

pisau3.jpgSewaktu berada di supermarket  besar dari Prancis Carrefour, Wicak memilihkan saya dua jenis pisau dapur (karena pisau di rumah sudah mulai tidak nyaman). Pisau pertama adalah chef knife dan yang kedua adalahpisau yang berukuran lebih kecil dan sering disebut paring knife.

pisau2.jpgChef Knife ini berukuran lumayan panjang dan agak besar (untuk ukuran tangan saya yang kecil hihi). Pisau yang paling banyak digunakan ini bisa memotong sayur mayur ukuran besar dan memotong daging atau ayam. Biasanya digunakan juga untuk mencincang bumbu seperti bawang.

Sementara paring knife yang boleh dikatakan cocok banget dengan ukuran tangan saya yang imut (huahahaha) berukuran kecil. pisaudapur.jpgPisau ini pas sekali untuk mengupas bahan-bahan yang berukuran kecil seperti bumbu-bumbu dapur dan  mengirisnya menjadi irisan-irisan tipis. Saya juga menggunakannya untuk mengupas segala jenis buah (kecuali duren :p).

Nah paring knife ini yang sekarang jadi partner setia saya di dapur 😀

0 Comments

Add yours
  1. 1
    easy

    aku cuma punya satu pisau. itu bisa berfungsi multiguna. mulai dari kupas buah sampe untuk mencabut paku 😀

    maklumlah anak kost 😀

+ Leave a Comment