Potluck sebelum Puasa


Keluarga suami saya ada rencana mau kumpul sebelum puasa. Walau waktu dan tempatnya belum pasti, kami sepakat kalau mengadakan semacam pesta potluck kecil-kecilan.

Apa sih potluckyang akhir-akhir ini lagi tren banget. Saya mengcopy artikel dari detikfood,

Jakarta – Pesta gaya ‘potluck’ mulai banyak digemari karena praktis dan lebih bisa menjalan kebersamaan. Jika Anda ingin mengadakan acara kumpul keluarga, bentuk ‘potluck party’ bisa jadi pilihan. Apa saja menu yang cocok? Bagaimana cara memilih makanan, mengemas makanan dan menyajikan? Intip info lengkapnya di sini!

Menu: Kata ‘potluck’ berasal dari kata ‘potlatch’ atau  ‘pot lucke’ yang artinya kurang lebih ‘beruntung mendapatkan sesuatu (makanan) dari dalam panci’. Kebiasaan mengadakan pesta atau kumpul-kumpul dengan makanan saweran ini dilakukan oleh orang Amerika. Prinsipnya, tiap tamu boleh membawa makanan seukupnya untuk kemudian dinikmati bersama dengan tamu yang lain.

Umumnya tiap tamu membawa makanan yang berbeda sehingga bisa saling mencicipi. Agar makanan yang dibawa oleh tamu bisa dinikmati dengan baik sebaiknya tentukan tema ‘potluck party’. Misalnya, BBQ, makanan Barat, makanan Indonesia atau makanan Asia. Buat daftar tamu berikut bawaannya sehingga tamu bisa saling melengkapi hingga terbentuk menu yang lengkap dari pembuka hingga penutup.

Jumlah Tamu &Makanan: Jangan lupa beritahukan acara potluck jauh-jauh hari, minimal seminggu sebelumnya agar para tamu bisa menyiapkan makanan yang akan dibawa dengan baik. Informasikan juga jumlah tamu yang diharapkan hadir dan jumlah hidangan yang diharapkan sehingga tamu bisa memperkirakan jumlah makanan yang dibawa berikut jenisnya.

Misalnya, jika jumlah tamu 50 orang, jumlah makanan lebih dari 10 jenis maka tiap tamu cukup membawa 1 jenis makanan untuk sekitar 10 orang. Khusus untuk nyonya rumah, biasanya tidak diminta untuk menyiapkan makanan lagi karena sudah menyediakan tempat. Bisa saja diberi kesempatan menyiapkan nasi putih, air, tisuue atau buah segar yang tidak merepotkan.

Kemasan: Jika Anda akan membawa makanan untuk ‘potluck party’, usahakan menaruh dalam wadah yang siap saji sehingga tuan rumah tak perlu lagi memindahkan ke wadah saji lagi. Khusus untuk sup sebaiknya lengkapi dengan panci atau mangkuk untuk menghangatkan sekaligus mangkuk-mangkuk sajinya. Jika tak ingin repot,  kemas makanan untuk sekali ambil. Misalnya, kue sudah dipotong-potong atau taruh puding dalam cup mungil. Dengan cara ini nyonya rumah tidak akan kerepotan memberesi peralatan saji atau makan.

Porsi Cukup: Usahakan agar di dalam sajian potluck makanan cukup untuk semua tamu yang hadir dan tidak ada makanan yang bersisa. Sisa makanan yang berlebihan akan merepotkan nyonya rumah untuk membereskan. Karena itu biasanya makanan yang tersisa dikemasi oleh tamu untuk dibawa pulang oleh tamu. Sebaiknya bawa plastik atau wadah untuk mengemasi sisa makanan jika ada agar tidak merepotkan nyonya rumah.

Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses 😀

+ There are no comments

Add yours

three × 3 =