Roti Go, Oleh-oleh Jadul dari Purwoketo


Hari Minggu kemarin bapak dan ibu pulang dari Purwokerto. Tidak seperti biasanya oleh-oleh yang dibawa kali ini menarik. Eh, bukan maksud oleh-oleh yang dibawa sebelumnya tidak menarik loh. Lanting, keripik tempe kering, telur asin yang biasa dibawa juga seru tapi kan ngga khas Purwokerto.

Walau tidak banyak seperti biasanya juga, kali ini bapak membawa kecap pedas Eco 21 dan roti Go. Dua macam penganan yang membangkitkan kenangan 😉

Roti Go

rotigoRoti Go konon adalah toko roti pertama di Purwokerto. Mungkin karena sudah begitu lama sehingga roti yang dibeli di toko roti ini jadi oleh-oleh khas Purwokerto.

Mitosnya, roti Go dinamai dari angka 5 (Go). Roti paling khas dari Toko Roti Go adalah roti lima jari (Go) yang isinya coklat-kacang atau kacang plus gula jawa ya?.

Rasanya lumayan enak, padat dengan campuran roti-coklat dan kacang yang khas. Tapi paling pas sih dimakannya sambil minum teh pahit atau wedang hangat.

Selain roti Go, produksi pangan merek lokal di Purwokerto adalah Kripik Tempe Eco 21, Kecap Riboet dan juga Es Krim Brasil. Dulu sih waktu keluarga masih sering mudik ke Purwokerto jajaran merek itu jadi makanan wajib.

Kalaupun tidak selalu ‘wajib dibeli’, paling tidak tiga merek makanan itu selalu jadi perbincangan selama di Purwokerto. Misalnya dalam perbincangan: “Kalo lebaran kok toko es brasil tutup ya?” dan sejenisnya. Hehehe ..

Sambel Kecap Botolan

kecappedas_purwokertoSoal Kecap Pedas alias Sambel Kecap Eco 21, ada catatan khusus juga. Dulunya, Eco 21 hanya satu dari sekian banyak penjual kripik tempe di Jl Sawangan, Purwokerto. Niki Eco, kalo ga salah nama tokonya itu, punya arti harfiah “Ini Enak”.

Nah, saya lupa kapan persisnya tapi kalau nggak salah di tahun 1990-an, Niki Eco mulai memproduksi dan menjual Sambel Kecap dalam botol. Khas-nya sambel kecap ini adalah rasa kencur yang kuat plus tekstur cairan yang kasar karena campuran bumbunya (unfiltered).

(Catatan: Nggak tahu juga sih apakah Niki Eco memproduksi sendiri Sambel Kecap dalam botol itu atau produksinya sebenarnya dilakukan perusahaan lain)

Dulu dia hanya dijual dalam botol besar, sekarang tersedia dalam botol plastik kecil. Dan juga, sekarang rasanya lebih kalem dan tekstur cairannya tidak kasar lagi, sudah disaring sepertinya 😛

Untuk penggemar tempe mendoan, kecap ini ini cocok sekali sebagai cocolan. Nyam!

(Hes & Wicak)

20 Comments

Add yours
  1. 3
    mizublue

    Jadi kangen ma rumah. Semua jajanan diats saya tahu.Es krim brasil di kebondalem, eco niki di dekat alun2, dekat dengan tempat tinggal saya. Hik…hik…hik, purwokerto i miss u. Makasih sudah posting makanan ini 😀

  2. 5
    hes

    @ichaelmago: saya lebih suka kecap pedasnya :mrgreen:
    @arya: jangan lupa beli juga buat yang di jakarta 😆
    @mizublue: terima kasih sudah mampir 🙂
    @epi: kecapnya lebih mantep pi 😉

  3. 9
    'dee

    oh… baru tau deh. biasanya kalo beredar di sekitar sana cuma beli getuk goreng aja 🙂
    alamatnya dimana hes… jadi kapan2 kalo pas lewat sana bisa mampir…

    makasih yaaa infonya…

    d.~

  4. 15
    najib

    namanya eco 21 eco artinya enak,,,
    alamatnya di jalan jendral sutoyo no 21
    eco “enak” 21 ” letak tokonya di jl.jend. sutoyo no. 21
    kalo niki eco nama rumah makan,,
    kalo yang bener2 khas,, mendoan,
    ada yang matang n’ mentah,,,pokoke uenek banget dehhhhh,,
    lo yg mntah bsa d’bwa kluar kota,,
    lengkap ada tepung bumbu, tempe pluss sambal kecap kya yg di gambar atas tuuuhhhh,,, trim atas kunjungan anda,
    cst.srvis (0281)632824
    buktikan dan rasakan sendiri,,,,
    jangan biyarkan lidah anda penasaran seumur hidup,,,,,heheh..

  5. 18
    fredy novian

    JaDy ………Pengin PlNg NuI…………..
    DiD YoU Know:
    RoTi go Ntu rasaNya uenaknya polllllllll
    k”lo Mknan yg saNgat terkeNaL ntu pasti mendoan …..seKaLi coBa langsung keenakan Basa PuRwokerToNya(keTuManen)
    Hy CuY K”Lo mo Tw Tempat mknan n Oleh2 Pewete DaTang ZhA ke Humz Q …………..pewete Ia Dhe BeZt…………………

  6. 20
    mboke

    Thanks buat postingannya ya….jadi kangen p’qerto nih…emang toko GO tetep ok rotinya dari dulu sampai sekarang, dari aku masih kecil nenek ku pelanggan setia roti GO, dulu ada tukang roti keliling lewat depan rumah yg jualin roti dari toko GO, tukang jualnya namanya “Setun”….tapi sekarang mungkin setunnya udah ngga jualan, udah tua sekali kali ya…

+ Leave a Comment