Roti Kukus Gula Palem


rotikukus

Gula Merah dan Gula Palem

Gula merah atau gula Jawa biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa dan aren.

Gula palem atau Palm Sugar sebenarnya sama dengan gula merah. Jika pembuatan gula merah melalui proses pemanasan hingga cairan nira mengental lalu dicetak, maka proses pemanasan pada gula palem biasanya lebih lama lagi. Proses pemanasan lebih lanjut ini akan menyebabkan terjadinya granulasi yaitu membentuk butir-butir gula yang seperti pasir.

Brown Sugar

Umumnya kita suka salah mengartikan gula merah dengan brown sugar. Gula merah bukan brown sugar. Keduanya adalah jenis gula yang terbuat dari bahan yang berbeda. Bila gula merah terbuat dari nira kelapa maka brown sugar terbuat dari tebu. Brown sugar merupakan gula pasir yang belum melalu proses pemutihan.

Roti kukus gula palem ini terispirasi dari Roti Panggang Gula Malakanya Sagoo Kitchen tapi dimodifikasi dikit 😉

Roti Kukus Gula Palem

Bahan:

  • 5 lembar roti tawar
  • 2 sdm mentega atau margarine
  • 5 sdm gula palem untuk taburan

Cara membuat:

  1. Kukus roti sekitar 5 menit
  2. Angkat dan olesi dengan mentega atau margarine
  3. Taburi dengan gula palem
  4. Sajikan dan nikmati hangat

3 Comments

Add yours
  1. 3
    hes

    @dee: .. masalah selera dan kreasi saja sih mba d. tidak masalah kalau tidak melalu proses pemanasan juga. panasnya roti setelah dikukus atau dipanggang akan membuat gula sedikit melumer 😉

+ Leave a Comment

two + eleven =