Sambal Oncom


sambaloncom

Wuaa, lama banget ngga ngeblog. Posting terakhir tanggal 6 Januari :mrgreen: Perasaan lagi rusuh banget padahal ngga ada apa-apa. Sok sibuk aja hehehe.

Sempat bikin laksa beberapa waktu yang lalu, masih ada sisa oncom dan kemangi yang akhirnya saya masak saja jadi tumis oncom yang pedas. Lumayan buat cocolan sama ikan goreng.

Ada teman yang pernah bertanya, “Hes, bagaimana sih menyusun resep? Dapet idenya gimana caranya?” Saya tertawa saja.  Bukan karena ide bertebaran dalam kepala saya. Saya mah jarang punya ide bagus untuk menghasilkan masakan luar biasa. Yang sederhana-sederhana saja. Lagipula ide saya hanya berkisar soal tumisan dan tumisan 😛

Ide muncul biasanya saat saya memang kehabisan bahan atau saat tukang sayur tidak membawa banyak sayuran atau bahan yang saya butuhkan. Keterbatasan memang kerap memaksa kita untuk kreatif.

Tapi sering juga kalau sedang bertandang ke blog teman-teman blogger yang blognya bukan foodblog. Jika mereka menceritakan tentang sesuatu hal dan menyinggung bahan pangan kadang suka terbersit beberapa ide. Misalnya saat saya mengunjungi rumahkayu saat sedang posting soal tokoh dee yang senang membuat rebusan jahe dan gula aren untuk menyegarkan tubuh yang kurang fit. Saya terpikir untuk membuat bolu jahe. Walau mungkin sudah banyak yah orang yang membuat bolu jahe :mrgreen: hehe

Jika sudah terbiasa di dapur biasanya akan lebih mudah mengembangkan ide dari banyak hal yang sudah ada. Entah karena keterbatasan tetapi bisa juga dari coba-coba. Saya mah belum bisa dibilang jago, masih tahap belajar.. pelajaran dasar 😉

Sambal Oncom

Bahan:

  • 1 kerat oncom, remans-remas
  • 1 genggam daun kemangi yang sudah disiangi
  • 4 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 4 buah bawang merah, iris tipis,
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 1 cangkir air matang

Cara membuat:

  1. Tumis cabai rawit dan bawang merah hingga layu
  2. Masukkan oncom, garam, dan gula, aduk rata
  3. Tambahkan air, aduk, masak hingga air meniris
  4. Aduk perlahan hingga air benar-benar kering
  5. Matikan api
  6. Masukkan daun kemangi, aduk sebentar, angkat
  7. Sajikan
Lama memasak: 15 menit

+ There are no comments

Add yours

1 × one =