Sate Lilit Tongkol


satelilitbakarMakanan Nusantara selalu menggugah selera saya. Salah satu makanan khas daerah yang ingin saya cicipi adalah masakan khas Pulau Bali. Tetapi karena belum ada kesempatan untuk bepergian ke pulau tersebut atau berkunjung ke tempat makan khas Bali di Jakarta jadi terpaksa saya kadang-kadang nekad membuat sendiri di rumah, berpedoman dari resep hasil googling dan berharap rasanya ngga beda-beda amat :mrgreen:

Epi say something tentang sate languan di blognya. Hmm, saya jadi bersemangat untuk mencicipi (dan membuat) sate dari ikan ini. Kata Epi:

Sate Languan adalah  nama sate khas Bali. Berbahan dasar ikan, dengan aroma dan rasa ikan yang menyengat. Untuk membuat sate ini, daging ikannya bukan ditusuk-tusuk melainkan dililit.

Sewaktu saya berkomentar sekaligus bertanya bagaimana membuat Sambal Matah-nya, Epi menjawab:

@Hes

Wah, tau aja nih si ibu jago masak, kalau sate ini cucok banget sama sambal matah. Bikinnya gampang: bawang, cabe, jeruk limau, garam, minyak kelapa. Semua diiris, dicampur jadi satu. Kalau suka terasi, kasi terasi.

Epi adalah orang kesekian yang bilang saya jago masak. Tapi terus terang deh tanpa bermaksud rendah hati (malah sedikit rendah diri) saya ingin mengklarifikasi:  saya itu ngga jago masak, jago makan mungkin 😆

Hari Minggu kemarin, saya dan Wicak berkutat di dapur. Taraam, inilah hasil ekpserimen terbaru dari MasukDapur.

Sate Lilit Tongkol (modifikasi)

satelilitolah

Bahan:

  • 1/2 kg ikan tongkol, pisahkan dari tulang, ambil dagingnya lalu cincang halus
  • 1/2 butir kelapa muda, diparut
  • 3 sdm santan kental
  • 20 batang sereh untuk ‘tusuk sate’
  • 2 sdm perasan jeruk nipis

Bumbu dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt terasi
  • 1 sdm gula merah yang sudah disisir
  • 1 sdt garam

Bumbu iris lalu digoreng:

  • 4 siung bawang merah
  • 6 butir cabe rawit (kalo suka pedas)

Cara membuat:

  1. Campur daging ikan, bumbu halus, bumbu iris goreng, kelapa parut, santan, dan perasan jeruk nipis
  2. Aduk rat a menggunakan tangan (ulen)
  3. Uleni sampai tekstur adonan tidak lembek tapi juga tidak terlalu keras
  4. Lilit adonan pada batang sereh
  5. Bakar/panggang dengan api sedang sampai matang

satelilit

Sambal Matah Sereh

Bahan: (aduk rata)

  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 6 buah cabe rawit, iris-iris
  • 1 batang sereh, iris tipis
  • 2 sdm minyak sayur (saya menggunakan minyak kelapa yang dibuat dari perebusan santan)
  • 1/2 sdt terasi matang
  • 1 sdm perasan jeruk limau

Gud lak!

ps. Thx ya Epi resepnya 🙂

0 Comments

Add yours
  1. 1
    ketut epi

    waaa… mantap banget nih satenya. panjang2 banget lilitan dagingnya, stengah kilo pasti jadinya gak nyampe 50 tusuk ya?

    Hmmm… pasti beda nih rasanya, soalnya komposisi bumbunya dimodify, dan tusuk satenya pake sereh. wah mantap. Trus sambal matahnya klo yg pake sereh gini di bali disebut sambal sereh 😀

    Thx juga Hes, sudah mempercayai resepku. Ibuku kalau diceritain ini pasti gak percaya, krn dia blm pernah liat aku bikin sate, dan kemarin dia kaget gitu waktu kuceritain lg bikin sate di Jogja 😀

  2. 2
    hes

    @ epi: hihi iya cuma dapet 25 tusuk dan baru tau kalo sambal matah yang pake sereh namanya sambal sereh heheh. thx ya Epi. ini loh, orang sunda mencoba membuat masakan khas Bali, tadinya malah mau bikin sambel jeruk limo plus sayur asem dan lalapan 😆

+ Leave a Comment