Sayur Nangka bukan Gudeg Nangka


Salah satu sayur ‘yang bukan sayur’ kesukaan saya adalah sayur nangka. Kenapa sayur nangka disebut bukan sayur karena pada dasarnya nangka muda yang tidak banyak mengandung mineral dan vitamin seperti layaknya sayuran hijau. Nangka lebih banyak mengandung karbohidrat.

Nasi panas, sayur nangka, balado teri, dan emping ..kombinasi pas yang selalu menggugah nafsu makan saya. Sewaktu saya kecil dan berlibur ke rumah sepupu saya di depok (sewaktu kecil saya tinggal di Bogor), ibunya pasti akan menyiapkan sayur nangka demi menyambut kedatangan saya (deng dereeeng..).

Setelah saya menikah dan menjadi menantu teryata sayur nangka ini menjadi salah satu bagian dari keluarga baru saya. Bapak mertua biasa menyebutnya Gudeg Purwokerto sementara suami saya (dan saya) ‘keukeuh’ menyebutnya sayur nangka. Karena dibadingkan dengan Gudeg Jogja yang kering, Gudeg Purwokerto ini basah dan berkuah.

Bahan-bahan yang digunakan juga agak berbeda. Saya tidak terlalu paham bahan dan bumbu juga cara memasak Gudeg Jogja biasanya sih saya beli lengkap dengan kreceknya (..nyam!) tapi kalau sayur nangka ini saya sudah beberapa kali membuatnya.

Bahan

  1. 500 gr nangka muda, potong-potong kecil, cuci bersih
  2. 250 gr daging tetelan, cuci bersih
  3. 500 ml santan kental dan sekitar 1-2 liter santan cair
  4. Bumbu yang dihaluskan: 8siung Bawang merah, 5butir bawang putih, 5buah cabe merah, 3cm kunyit
  5. Sereh, salam, lengkuas dan jahe, digeprek

Cara

  1. Rebus nangka dan daging tetelan dengan santan cair
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan beserta sereh, salam, lengkuas dan jahe hingga matang
  3. Masukan bumbu yang telah ditumis dalam rebusan nangka dan daging tetelan
  4. Tambahkan Garam dan gula secukupnya
  5. Setelah air rebusan agak mengering dan nangka+daging tetelan sudah empuk masukkan santai kental, masak hingga santan mendidih
  6. Siap disajikan.

Biasanya saya memadupadankan sayur nangka ini dengan rebusan lalap dan sambal mentah dan krupuk.

Gud lak.

Categories

3 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

three × 2 =