Selai Stroberi Rumahan

Selai Stroberi Rumahan


selai_stroberiBeberapa waktu lalu kami sekeluarga mengunjungi kota Bandung. Bukan dalam rangka liburan sih. Kebetulan saja suami saya ada urusan pekerjaan disana dan mengajak kami semua ber-wiken-an di kota kembang ini.

Sebenarnya kami tak punya rencana ‘mau ngapain nih di Bandung’ jadi rencananya adalah rencana dadakan. Memetik stroberi di lembang adalah salah satu rencana yang muncul sambil berkendara menyusuri jalan-jalan yang tepinya sekarang sarat banget sama toko dan restoran. Ah Bandung meni asa sararempit ayeuna mah ..

Memetik_stroberi

Jadilah kami memetik stroberi dan membawa pulang hampir sekilo buah merah itu ke rumah. Seminggu lamanya tidak tersentuh (walau sudah diwanti-wanti suami untuk segera diolah) akhirnya saya buat juga stroberi-stroberi ini menjadi selai.

Selai Stroberi

Membuat selai sendiri di rumah sebenarnya tidak susah hanya butuh kesabaran. Walau memang akhirnya jatuh lebih mahal daripada membeli selai yang sudah jadi tetapi kita tahu bahan-bahan apa yang ada di dalamnya yaitu buah-buah segar tanpa penambahan bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya.

9668677911b1e3405843797a1ead3ebe_selaistroberi_buat1

Yang dibutuhkan adalah:

  • 1/2 kg sroberi segar, cuci bersih, potong kecil-kecil
  • 1 cangkir gula pasir
  • 1 jeruk lemon atau saya menggantinya dengan jeruk nipis
  • Panci atau wajan
  • Sendok kayu
  • Botol selai bersih

selaisroberi_buat2

1. Masukkan potongan stroberi ke dalam wajan/panci. Tambahkan gula dan perasan jeruk nipis, aduk rata

selaistroberi_buat4
2. Masak dengan api sedang sekitar 20-25 menit. Sering-sering diaduk untuk menghindari selai hangus di dasar wajan/panci. Tidak perlu tambahkan air karena air yang keluar dari stroberi segar sudah cukup. Akan ada semacam busa saat pemasakan jika suka silahkan menyendok busa itu dan buang tetapi saya membiarkannya karena akan hilang dengan sendirinya saat pemasakan.

selaistroberi_buat5

3.Tetaplah mengaduk saat selai meletup-letup. Warna merah segar stoberi akan berubah menjadi lebih gelap. Selai akan mulai mengental dan cairannya berkurang. Selai siap jika terasa kekentalannya sudah mirip dengan selai. Selai buatan sendiri tidak sepekat buatan pabrik karena masih ada sedikiit sisa cairan.

selaistroberi_buat6

4. Siapkan botol selai bersih. Bisa gunakanbotol selai bekas, cuci bersih dan keringkan. Jika sempat sterilisasikan terlebih dahulu dengan merebusnya di air mendidih tetapi trik saya adalah dengan menempatkan segera selai yang masih panas ke dalam botol selai yang bersih dan kering dan langsung tutup rapat. Diamkan sekitar 10 menit sebelum dimasukkan ke kulkas.

a4c678ee56774cdd6c05a19033b4df79_selaistroberi_buat7

5 Jangan lupa untuk memasang label tanggal pembuatan sehingga bisa diperkirakan tanggal kadaluarsanya. Selai buatan sendiri kira-kira bisa bertahan sekitar 2 minggu jika disimpan di lemari es.

Jangan kaget kalau rasanya enaak banget 😉 Bukan karena dijamin lebih enak dari buatan pabrik tetapi ada perasaan lebih puas saat menikmatinya jadi terasa lebih enak dan yang pasti lebih segar.

Saya sendiri bukan penggemar selai bahkan hampir tidak pernah makan roti dengan selai tetapi beberapa hari kemarin saya sudah menghabiskan satu tangkup roti selai stroberi ini, dua buah donat dengan olesan selai stroberi ini, dan satu sendok teh selainya saja :mrgreen:

selaistroberi2

2 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

one × 3 =