Setup Pisang


setuppisang1

Saya seringkali mengalami pusing yang cukup hebat karena anemia. Setiap kali ke dokter, beliau selalu menyarankan untuk saya rajin berolahraga. Saya hanya mengangguk-angguk dan dalam hati bertekad untuk tidak malas lagi olah raga. Tekad yang sampai sekarang masih sering lunturnya 🙁

Saya biasanya mengkonsumsi vitamin ‘penambah darah’  atau jamu kunyit seperti yang disarankan mba Dee rumahkayu. Kadang-kadang memang membantu, mencegah ‘kambuh’nya anemia.

Tetapi jika anemianya terlanjur datang maka yang terjadi adalah pusing yang luar biasa dan memucatnya bola mata. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh (id.wikipedia/anemia).

Baca-baca soal anemia saya baru mengetahui kalau pisang (yang memiliki banyak manfaat itu) merupakan salah satu buah yang cocok untuk penderita anemia. Tingginya zat besi pada buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral yang dikandung pisang -khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh ( id.wikipedia). Berita yang baik untuk saya karena anak-anak saya suka sekali pisang tetapi sulit sekali makan nasi :mrgreen:

Pisang memang buah dengan sejuta manfaat dan kandungan gizi. Berdasarkan cara memakanya, pisang dikelompokkan menjadi dua: pisang yang dapat langsung dimakan atau biasa disebut pisang meja (dessert banana) dan pisang yang harus dimasak terlebih dahulu yang masuk ke dalam golongan pisang olah (plantain, cooking banana).

Sewaktu saya bertanya pada Wicak apakah kandungan gizi pada pisang yang harus mengalami pengolahan dahulu sebelum dikonsumsi akan berubah? Ia menjawab, “Kandungan gizi yang hilang pas dimasak paling vitamin C”.

Saya dan Wicak memang sama-sama lulus dari jurusan teknologi pangan tetapi kayanya penyerapan ilmunya berbeda 😳 Hehe ..

Setup Pisang

Bahan:

  • 2 buah pisang tanduk, potong-potong
  • 750 ml air matang
  • 100 gram gula pasir
  • 2 batang kayu manis
  • 5 buah cengkeh

Cara membuat:

  1. Rebus air, gula, kayu manis, dan cengkeh hingga mendidih
  2. Masukkan potongan pisang, masak hingga pisang matang
  3. Angkatdan dinginkan di suhu ruang setelah dingin masukkan kulkas
  4. Sajikan dalam keadaan dingin

Gud lak! 😉

5 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

fifteen + 9 =