Singkong Goreng


singkongKepikiran kalo libur suka pengen ngemil tapi ngga punya cemilan, saya membeli sekilo singkong mentah saat berbelanja di pasar.

Saya sebenarnya ngga bisa memilih singkong yang bagus dan mekar saat dimasak jadi saya selalu bertanya pada si penjual jika membeli singkong, “Singkongnya empuk ngga Pak/Bu?”

Biasanya si bapak atau ibu penjual akan menjawab, “Mekar,  neng,” jawabnya. Yah, entah itu benar atau tidak, saya percaya sajalah. Kalaupun kemudian tidak benar paling di rumah saya akan misuh-misuh sambil makan singkong yang keras 😆

Tapi menurut yang saya baca di Detikfood, cara memilih singkong yang bagus adalah dengan memperhatikan kulitnya dan atau dengan mematahkan ujung pangkalnya. Kulit luar yang mengelupas di beberapa bagian dan terlihat warna kulit dalam yang kemerahan berarti singkong sudah matang dan baru saja dicabut. Singkong yang demikian kemungkinan besar akan mekar saat dimasak. Tetapi waspadai jika terdapat warna kebiruan. Hal tersebut berarti singkong tersebut sudah terlalu tua dan sudah lama dicabutnya.

Singkong Goreng

Bahan:

  • 1 kg singkong, kupas, potong-potong
  • Haluskan: 3 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt gula pasir
  • 150 ml air matang
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur singkong bersama air dan bumbu halus, ungkeb hingga air meniris dan singkong agak empuk, angkat
  2. Goreng singkong dalam minyak panas hingga tampak bagian yang kecoklatan, angkat
  3. Nikmati hangat

Saya membuat sambal bangkok untuk cocolannya. Gud lak! 😉

5 Comments

Add yours
  1. 1
    dyah

    kalo saya biasanya saya kukus dulu, kemudian saya potong2 sebesar ibu jari, dicampur bumbu yang simpel aja bawang putih dan garam baru digoereng. kalo suka bisa digoreng dengan mentega..

  2. 2
    khusnul hotimah

    saya akan coba ya lebih enak mana yang di ungkep ma yang di kukus, kira – kira lebih enak mana ya ?karena kalo saya sendiri kadang gak usah dikukus kadang langsung.

  3. 3
    yudi wahyudi

    Manyossss…. sedikit info, kalo mau singkong ngemabang pas lagi ungkenya di tambah air kapur sirih 1 sdmk + beberapa butir ketumbar yg ditumbuk halus, di jamin pas di goreng singkong akan mekar sendiri tanpa direbus ato dikukus. Selamat mencoba…

  4. 4
    hes

    @dyah: oo iya yang seperti itu juga enak 😀
    @khusnul hotimah: lain kali saya juga mau coba yang langsung digoreng ah mba 🙂 thx yaa ..
    @yudi: woah mas yudi terima kasih banyak infonya ya 😀

+ Leave a Comment

four × 5 =