Sotong Mayones


calamari_mayoBeberapa hari yang lalu mpok Sani, tukang sayur yang lewat di depan rumah, memaksa saya membeli dagangannya.

Beliau bilang, ‘Neng, cumi suntung nih yah 5 bungkus lagi. Uangnya kapan kek,‘ katanya sambil memotong bungkusan cumi yang tergantung di gerobaknya.

Haiyah, pikir saya :mrgreen:

Cumi suntung -seperti katanya si mpok- ini berbeda dengan cumi yang biasa saya beli. Ia memiliki sejenis tempurung dan bukan ‘tongkat plastik’ seperti pada cumi biasa. Lebih bulat pipih dan dan lebih tebal dagingnya sementara cumi biasa lebih berbentuk silinder.

Mencari tahu tentang cumi suntung ini, saya menemukan bahwa kata suntung dalam Bahasa Melayu Menado di Wiktionary berarti cumi-cumi. Info lain di wikipedia adalah ‘cumi’ ini sepertinya binatang laut lain yang disebut sotong.

Sotong seringkali disebut cumicumi. Padahal keduanya berbeda. Cangkang pada sotong tersusun dari kapur yang keras sedangkan pada cumicumi lunak. (wikipedia)

Sayangnya saya lupa mendokumentasikan sotong ini saat belum diolah. Bingungmau dimasak apa akhirnya saya memutuskan membuat sotong mayones :mrgreen:

Pada dasarnya, saya melakukan pengolahan awal yang sama seperti saat mengolah cumi. Pengolahan awal ini bertujuan untuk menghilangkan air dari badan si sotong sehingga saat digoreng nanti sudah tak lagi mengeluarkan air. Sehingga sotong goreng akan crispy.

Pengolahan awal yang saya lakukan adalah:

  • Buang tempurung dari dalam sotong. Untuk memudahkan dibelah saja bagian yang bertempurung itu. Lalu bersihkan bagian dalam sotong.
  • Kuliti bagian tipis di luar tubuh sotong sehingga sotong akan tampak putih dan bersih.
  • Cuci bersih
  • Masak dalam wajan kering tanpa minyak di atas api sedang, aduk perlahan sampai sotong mengeluarkan air. Aduk sebentar, angkat.
  • Sotong bisa diolah lebih lanjut.

Sotong Mayones

Bahan:

  • 1/2 kilogram sotong, lakukan pengolahan awal
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 cangkir air matang
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram tepung roti
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 5 sdm mayones
  • 1 sdm perasan jeruk lemon
  • 1 sdm susu kental manis
  • wijen secukupnya, sangrai sebentar

Cara membuat:

  1. Adonan pencelup: aduk rata terihu, garam dan air
  2. Celupkan sotong pada adonan pencelup lalu gulingkan di atas tepung roti (lakukan dua kali jika ingin lebih tebal)
  3. Goreng dalam minyak panas (deep fried) sampai kecoklatan, angkat
  4. Saus mayones: aduk rata mayones, perasan jeruk lemon, dan susu kental manis. Taburi dengan wijen
  5. Sajikan sotong goreng dengan mayones

Gud lak! 😉

0 Comments

Add yours
  1. 1
    aribicara

    Waduw, hebat juga tuh cara Mok Sani “Nodong” calon pembelinya .. wkwkwkkwwkkwk 😀

    Oia, rasanya sendiri mirip kayak udang itu kaga Mba ?

  2. 4
    umu kamilah

    wah.. sedapnya… 🙂
    biar bingung mau dimasak apa, tetapi kreasi masakannya tetep mak nyusss 🙂

    Mbak, ada Award Persahabatan di blog, dari Malaysia aku lanjutkan untuk blog memasak ini. Diambil ya, semoga kita bisa menjalin persahabatan yg lebih hangat lagi 😀

    Makasih, pagi-pagi udah kunjung ke blog saya duluan 🙂
    Salam Persahabatan..

  3. 5
    bunda daffa

    klo menurutku rasa sotong lbh enak drpd cumi,anakku aja plg suka klo dimasakin sotong goreng crispy

+ Leave a Comment

sixteen + 19 =