Super Sosis


Kakak ipar saya sedang menekuni usaha penjualan sosis. Sosis yang ditawarkan konon tidak mengandung MSG dan dijamin berbeda dangan sosis yang dijual di pasaran.

Ia memberikan link situs tempat promosi produk-produk sosisnya. Saya segera menuju alamat yang dimaksud dan karena koneksi saat itu begitu lambat, saya sampai terkantuk-kantuk di depan komputer menunggu sosis matang eh datang 😆

Saya bermaksud untuk mengulas produk ini di masukdapur. Tetapi tentu saja untuk mengulasnya pertama-tama saya harus mencicipinya  😉  Langsung saja saya memesan dua produk, cheezy dan burger.

Sayang sekali pesanan pertama tidak sempat didokumentasikan dengan alasan:

  • beberapa butir cheezy sosis yang digoreng dengan mentega langsung habis dimakan anak-anak sesaat setelah pesanan datang,
  • butir-butir terakhir chezzy sosis yang dimasak bersama mie goreng dan direbus bersama mie rebus tidak berhasil didokumentasikan karena lupa,
  • burger yang diolah dalam nasi goreng untuk sahur juga tidak didokumentasikan karena malas dan agak mengantuk lol:

Sehingga dengan terpaksa (hehe) tetapi tentu saja juga karena kesan pertama memang memuaskan, kami memesan lagi. Kali ini kami memesan cheezy dan super bockwurst.

Bockwurst adalah salah satu sosis Jerman yang ‘ditemukan’ oleh seorang pemilik restoran di Berlin. Dulunya sosis ini dibuat dari daging anak sapi dan lemak babi tetapi saat ini bockwurst bisa terbuat dari bermacam-macam dagaing (babi, sapi, domba, kalkun, ayam bahkan daging kuda).

Arti dari kata bockwurst itu sebenarnya apa sih? Itu juga pertanyaan saya.

Di dunia ini ada beragam jenis sosis dengan beragam nama yang berbeda. Nama yang berbeda tentu saja mungkin karena terdapat terdapat perbedaan dalam sosis-sosis tersebut. Mungkin cara pengolahan, mungkin casing yang digunakan, mungkin bahan utama yang dipakai, atau bisa jadi bumbu tambahan yang dimasukkan.

Soal ini akan dibahas nanti. Saya perlu mencari banyak informasi dulu dan mungkin membuka-buka lagi catatan kuliah 😳

Cheezy

cheezi2Produk sosis ini ditawarkan dalam dua bentuk.  Ada yang panjang seperti kebanyakan sosis  dan ada yang berbentuk bola seperti bakso. Keduanya adalah sosis sapi dengan keju yang tertanam di dalamnya.

Saya tidak yakin apakah ini jenis sosis masak atau jenis sosis mentah (soal ini akan ada penjelasan tersendiri).

Sosis ini agak beraroma asap dan berasa sedikit masam. Sehingga kemungkinan besar kami menduga sosis ini merupakan jenis sosis mentah yaitu sosis yang melalui proses pengasapan dan fermentasi.

Casing sosis ini memang agak liat seperti karet yang tipis.Saya menduga casing ini terbuat dari colagen casing sosis yang tentu saja food grade, edible (dapat dimakan), dan halal. Tapi itu hanya dugaan saya bisa jadi casingnya menggunakan usus sapi 😛

Daging didalamnya juga kenyal. Tetapi kekenyalan, tekstur, dan rasa sosis ini berbeda dengan sosis-sosis yang biasa saya konsumsi. Apalagi balok-balok keju yang lumer saat sosis dipanaskan/dimasak menambah asyik menikmati sosis ini walau tanpa cocolan saus apapun.

Kebab Sosis

Bahan:

  • sosis cheezy bentuk bola, cuci bersih, kerat tanpa terpotong
  • paprika merah, cuci bersih, potong sesuai selera
  • paprika hijau, cuci bersih, potong sesuai selera
  • tusukan sate agak tebal, cuci, keringkan
  • 2 sdm margarin/mentega

Cara membuat:

  1. Tusuk saling silang sosis dan paprika
  2. Panggang sesekali olesi margarin/mentega
  3. Bolak balik hingga sosis matang

Super Bockwurst

sosisuper

Sosis ini luar biasa besar. Dengan panjang sekitar 24 cm membuat kita punya waktu cukup lama untuk menikmati kelezatannya.

Sosis yang terbuat dari daging sapi ini katanya tanpa bahan tambahan makanan MSG. Sama seperti sosis cheezy, terasa aroma asap dan rasa masam fermentasi di dalamnya.

Kami menikmati sosis ini berdua setelah sebelumnya Wicak membawa pulang mustard titipan saya. Sosis memang paling enak dimakan dengan paduan rasa asam mustard dan aromanya yang khas.

Hot Dog

Bahan:

  • sosisuper21sosis super bockwurst 2 buah, cuci besih, kerat tanpa terpotong
  • 1 sdm margarine/mentega
  • kol, iris tipis, cuci bersihsosisuper21
  • 1 sdt garam
  • 2 buah bun hot dog
  • 2 sdt mustard
  • saus sambal atau saus tomat jika suka

Cara membuat:

  1. Panggang sosis di atas teflon dengan sedikit margarine/mentega, masak hingga matang, sisihkan
  2. Aduk irisan kol dengan garam, remas-remas, hingga kol lemas, cuci bersih, sisihkan
  3. Panggang bun hor dog diatas teflon bekas memasak sosis hingga agak kecoklatan, angkat
  4. Masukkan irisan kol dan sosis ke dalam bun hot dog
  5. Olesi sosis dengan mustard

Lihat ukuran sosis yang melebihi bun hot dognya dan bandingkan dengan tangan suami saya 😆

Super Duper!!

———————————————-

Mohon dukungannya untuk masukdapur di perangblog ..

6 Comments

Add yours

+ Leave a Comment

three × three =