Tahu Pong isi Tofu


Tahu pong alias tahu yang kopong dengan arti diluar terlihat berisi ternyata didalamnya kosong merupakan jenis tahu yang biasa saya temukan terbalut tepung dan sayuran: di Bogor mah terkenal dengan nama berontak :mrgreen: Ah tong ditaros naon artina. Da abdi ge teu teurang.

Menyaksikan acara kuliner memang sering kali memberikan ide untuk membuat suatu jenis masakan atau paling tidak mencomot idenya dan memodifikasi resepnya πŸ˜‰ Haha.

Beberapa waktu lampau (baca: sudah lama sekali), saya menonton Star Choice di Asian Food Channel. Acara yang menampilkan tiga pembawa acara dimana masing-masing mengunggulkan suatu jenis masakan. Masakan-masakan ini kemudian dicicipi oleh para turis yang akan memberikan bintang-bintang sebagai penilaian pada masing-masing masakan. Masakan yang mendapatkan bintang terbanyak adalah masakan yang dianggap paling enak.

Pada salah satu episode, ditampilkan suatu menu gorengan. Namanya saya lupa tapi saya rasa ada kata pong-nya. Ketika diperlihatkan cara singkat pembuatannya, saya tertawa, ternyata makanan ini menggunakan tahu pong. Bisa dibilang: tahu pong isi! πŸ˜†

Adonan isi yang digunakan adalah tofu, telur, dan udang. Tentu saja dengan tambahan sayuran seperti wortel dan daun bawang. Bumbu yang digunakan tidak diberitahu tetapi saya rasa tidak jauh dari garam, lada, dan bawang putih – kayanyaa.

Tofu atau dikenal juga dengan nama tahu susu adalah jenis tahu lembut yang terbuat dariΒ  susu kedelai yang terkoagulasi (mengental) dan kemudian dipadatkan. (hes)

Tahu Pong Isi Tofu

tahupongisi1Bahan:

  • 10 buah tahu pong yang sudah digoreng
  • 1 buah tofu telur, hancurkan
  • 100 gram udang kupas, cincang kasar
  • 1 buah telur, kocok lepas
  • 1 buah wortel, parut
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Adonan isi: campurkan tofu, udang, telur, wortel parut, daun bawang, garam dan merica. Aduk rata, sisihkan.
  2. Kerat tahu pong (jangan sampai terpotong) dan balik sehingga bagian dalam berada di luar.
  3. Masukkan adonan isi secukupnya
  4. Goreng dengan cara deep fried – dalam minyak banyak dan panas- hingga kecoklatan, angkat
  5. Sajikan dengan sambal botolan (jika suka)

Tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam ini merupakan perpaduan yang enak apalagi tahu sendiri cenderung berasa hambar. Perpaduan ini juga ditemukan dalam bandeng goreng kremes.

Gud lak! πŸ˜‰

0 Comments

Add yours
  1. 3
    aribicara

    Kirain Tofu nama grou band πŸ˜€

    oia Bu, udah ada rencana buka usaha dengan menu2 seperti di postingan2 ini lom bu ? kayaknya menunya bakalan lengkap banget dech πŸ˜€

  2. 5
    hes

    @aribicara: haha sewaktu membuka wikipedia indonesia penjelasannya: tofu adalah sebuah grup band πŸ˜†
    usaha? maksudnya membuka warung makan ri? belum tapi ada jenis usaha lain yang sedang kami rintis lewat masukdapur ini, ri :mrgreen: thx
    @muda: hmm ide yang menarik Tengku, kapan-kapan deh ta coba dengan menggunakan kentang ya πŸ˜‰ thx

+ Leave a Comment

3 × one =