TastingBox3 Sedapur: Galantine Chiq’s

TastingBox3 Sedapur: Galantine Chiq’s


Oke ini adalah TastingBox ketiga dari Sedapur yang saya terima. Saya beruntung mendapatkan beberapa kali kesempatan untuk mereview produk baru merchant Sedapur melalu TastingBox ini. Kali ini saya mendapatkan dua produk dari Chiq’s dan Maxwell’s Bakery.

Paket produk yang saya terima masih rapi dari sisi penyajiannya. Yang paling penting sih masih fresh. Jadi mungkin pujian pertama untuk komitmen Sedapur ya soal distribusi produk melalui kurir makanannya 🙂 *iya dong muji kan udah dikasih makanan gratis* Haha #adamaksud

Chiq’s

Chiq’s adalah nama salah satu merchant Sedapur spesialis  makanan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Chiq’s sendiri berasal dari nama salah seorang keponakan pemilik gerai ini, Chiquitita.  Sedapur telah memverifikasi gerai ini dan menjamin kualitas produk nya baik dari cita rasa dan penyajian juga kehalalannya.

Chiq’s dikenal dari  informasi  ‘mulut ke mulut’. Menggunggah selera warga Jakarta yang kangen kuliner khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Chiq’s menawarkan produk yang dapat dinikmati sendiri atau bersama rekan dan keluarga dengan harga terjangkau. Melalui TastingBox ini harapannya tentu saja Chiq’s juga bisa dikenal melalui informasi ‘Blog ke Blog’.

Galantine Chiq’s

Di Sedapur, Chiq’s memamerkan produk unggulannya yaitu galantine. Galantine sendiri adalah masakan berbahan dasar daging/ayam tanpa tulang dimana daging giling dicampur dengan bahan lain, dicetak bentuk silinder (roulade/to roll), direbus atau bisa juga dipanggang dan disajikan dengan saus.

Menurut Wikipedia, Galantine merupakan masakan khas Perancis. Masakan yang  ternyata telah dikenal sejak jaman kolonial ini diadaptasi dan disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Kini Galantine menjadi salah satu sajian istimewa keluarga yang lebih banyak dikenal di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Chiq’s menyajikan galantine dengan saus dan sayuran seperti selada keriting segar, wortel, buncis dan kacang polong. Tidak seperti kentang goreng biasa sebagai pendamping galantine, kroket kentang berbentuk kubus jadi salah satu keistimewaan Chiq’s dalam penyajian galantinenya.

Penyajian dan Cita Rasa

Untuk tastingbox ini saya mendapat sepotong rolade galantine dengan dua buah kroket kubus dan beberapa potong sayuran dan saus. Selada keritingnya segar dan sayuran rebusnya masih renyah dengan tampilan warna yang cantik.

Rasa saus kentalnya yang berwarna coklat muda kemerahan ini ‘menyatukan’ semua rasa galantine plus sayurannya. Saya rasa sausnya punya resep rahasia sendiri nih karena rasanya memang agak unik. *aah selalu penasaran kalau bicara soal saus-saus*

Saus galantinenya Chiq’s saya rasa disesuaikan dengan cita rasa masyarakat Jawa dengan rasa manis yang sedikit menonjol dan juga rasa gurih.

Nah, rolade galantinenya sendiri bagaimana?  Campuran daging giling, roti tawar, susu, dan telur dengan takaran tertentu tampaknya membuat rolade galantine-nya Chiq’s terasa padat tapi lembut. Rolade ini empuk sekali sewaktu dipotong dengan garpu tapi terasa padat dan sedikit masir saat dikunyah. Soal rasanya sih wah pasti ngga ragu dong. Ada daging, ada roti, ada susu, ada telur, ada bumbu-bumbunya. Enak semua, semua enak 😀

Nah yang saya bingung (dan takjub) adalah teknik memotong roladenya. Hasilnya haluss sekali bahkan potongan di bagian telur rebusnya juga tampak rata dan halus. Pakai teknik tertentukah? Pisau spesialkah? Atau galantinenya yang memang matang sempurna? Waah!

Kalau soal kroket kentang  kubusnya saya ngga banyak komen deh. Perfect!

Suapan yang paling enak adalah saat semua bahan (rolade, kentang, sayuran, saus) ada dalam satu sendok. Jadi makannya jangan satu-satu :p Hehe.

Suami saya juga setuju tuh sama saya dan merekomen saya untuk membeli paket keluarganya. Kata saya, “Aah, mau coba buat saja”. Hahahaha pe de banget. Tapi hei masih ada promosi loh untuk pembelian paket galantine untuk pengguna Telkomsel mungkin saya akan memanfaatkannya.

Chiq’s Galantine Paket Keluarga
Harga 80.000
Sedapur.com

TastingBox Sedapur lain:

TastingBox#2: Pempek Bola Udang Keju – October 17, 2012
TastingBox#2: Otak-otak Si Dia – October 17, 2012
PempekEmak #TastingBoxSedapur – May 20, 2012
Bed Hair Guy Onigiri #TastingBoxSedapur – May 18, 2012
Pisang Ijo Genit #TastingBoxSedapur – May 16, 2012
#TastingBoxSedapur – May 16, 2012

3 Comments

Add yours

+ Leave a Comment