Teh Tarik


tehtarik

Biasanya kalau Wicak sedang piket pagi dari rumah, kami sarapan agak siang.  Sehingga kalau saya sempat dan ada bahan, saya akan membuatkan makanan kecil atau minuman untuk suami saya terlebih dahulu sebelum menyiapkan dan mengantarkan anak sulung saya sekolah.

Beberapa pagi yang lalu hujan turun cukup deras sejak subuh. Kebetulan lagi punya susu kental manis saya membuatkan Wicak teh tarik panas.

Teh tarik sebenarnya berasal darimana sih Saya mencari jawaban di Google seperti biasa. Ternyata banyak pendapat soal ini. Malaysia, Hongkong, India, Singapura, Aceh ..

Kalau dilihat dari negaranya sih kelihatannya hampir semua negara bekas jajahan Inggris (eh kecuali Aceh kali ya) ada teh dengan susu ini. Bisa jadi karena budaya minum teh Inggris campur susu diadopsi oleh negara-negara tersebut. Tetapi orang Inggris biasanya mengaduk teh susu dengan sendok lalu bagaimana awalnya ya kok bisa jadi teh tarik? Hmm menarik ..

Teh Tarik

Bahan:

  • 1 gelas teh kental
  • 4 sdm susu kental manis (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Aduk rata teh dengan susu
  2. Tuang teh susu itu dari gelas ke gelas dengan posisi gelas yang satu lebih tinggi dari yang lain dan tarik perlahan saat menuang. Perlakuan ‘tarikan’ tersebut akan menciptakan buih dari campuran tersebut.

Kalau suka dingin tinggal tambahkan es batu. Jika suka panas, hati-hati saat menuang 😉

1 comment

Add yours

+ Leave a Comment