Telur Asin Asap


telurasinasapKami melihat telur berwarna kecoklatan di counter telur asin sewaktu berbelanja di sebuah hypermarket beberapa waktu yang lalu. Telur asin asap Rp. 3.500/butir tertulis pada papan informasi di depan telur-telur bercorak marbling coklat dan keabu-abu ini.

Varian dari telur asin ini konon cara pembuatannya serupa dengan telur asin biasa. Perbedaan terletak pada proses pengasapan yang cukup sulit.

Proses ini memberikan nilai tambah yang istimewa pada telur asin asap ini, misalnya berkurangnya bau amis diganti dengan aroma asap (smokey) yang menggugah selera, dan juga corak unik pada kulit telur. Sekilas telur asin asap ini memang mirip telur pindang tetapi tentu saja rasanya berbeda.

Bagian kuning telur tampak ada alur melingkar, tidak sama seperti pada telur asin biasa. Rasanya tidak terlalu asin dengan aroma khas asap yang cukup signifikan. Lumayan enak sebagai alternatif lain kalau bosan makan telur asin biasa 😉

hes&wicak

Sumber: www.langitperempuan.com


6 Comments

Add yours
  1. 3
    UmmuKamilah

    Saya suka makan telur asin. Dan baru tahu ada telus asin asap yang tidak amis. yang saya tahu cuma iwak basalai (bhs banjar) atau ikan asap yang aromanya saja sudah nikmat.
    Jadi penasaran, gimana rasanya telur asin asap ini yah..?

+ Leave a Comment

2 + thirteen =