Tempe dengan Resep Ayam Tangkap


Gara-gara kemarin ngobrolin ayam tangkap, saya jadi iseng membuatnya hari ini. Yah karena hari sebelumnya saya sudah memasak ayam opor dan kebetulan juga dompet saya sedang sangat-sangat menipis (hehe), saya mengganti ayamnya dengan tempe.

Istilah ayam tangkap menurutp pak bondan Winarno dalam blognya adalah karena gerutuan para pelanggan yang ingin menikmati masakan ini. Ayam tangkap yang dipesan biasanya digoreng berdasarkan pesanan sehingga para pelanggan sering tidak sabar menunggu, ‘Ayamnya sedang ditangkap ya?’

Karena sejarahnya seperti itu sepertinya tidak mungkin yah menamai tempe ini tempe tangkap secara tempe kan tidak ditangkap

Tempe Goreng dengan Resep Ayam Tangkap

Bahan:

  • 5 buah tempe bungkus, potong empat bagian
  • 6 tangkai daun salam koja, lepaskan dari tangkai
  • 3 lembar daun pandan, iris kasar
  • 3 buah cabai hijau, iris serong
  • 500 ml minyak goreng

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1/2 cangkir air matang

 

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu dan campurkan dengan air
  2. Lumuri tempe dengan bumbu halus yang sudah diberi air, diamkan sekitar 15 menit
  3. Panaskan minyak di wajan, goreng tempe
  4. Masukkan cabe hijau, daun pandan, dan salam koja
  5. Angkat semua jika tempe sudah berwarna coklat
  6. Tiriskan
Lama memasak: 20 menit

5 Comments

Add yours
  1. 1
    iyenk

    lucu juga namanya yaa… cuman kok pake daun pandan ya? fungsinya apa? memangnya enak ya? apa ngak aneh rasanya.. ????

    • 2
      hes

      Pandan sih sepertinya tidak mengubah rasa hanya pemberi aroma saja. hehe. Rasanya mah masih kaya tempe kok 😉

  2. 3
    'dee

    eh rasanya aku dulu udah pernah komen di post yang ini… atau gagal komen ya waktu itu?

    menarik juga hes untuk mengganti ayam dengan tempe, selain lebih sehat di kantong mungkin juga lebih sehat di badan ya? tempe kan sehat…

    aku pernah makan ayam tangkap saat berkunjung ke aceh dulu, dan memang bener… enak bangettttt ayam tangkap ini…

    d.~

+ Leave a Comment