Tempe Mendoan


Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. (id.wikipedia.org/wiki/Mendoan)

Saya mengenal mendoan dari keluarganya Wicak. Awalnya sih agak aneh. Tempe tepung tapi kok di goreng tidak matang. Saya biasanya suka tempe tepung tapi yang digoreng hingga kecoklatan dan renyah. Tapi ngga pake lama akhirnya suka juga tuh

Di pasar tradisional atau abang-abang tukang sayur di Depok biasanya di jual tempe tipis yang dibungkus daun pisang. Saya tidak pernah menemukannya di Bogor dulu sewaktu belum menikah ..atau karena waktu itu saya jarang ke pasar ya?

Saya kurang suka tepung instan mendoan yang banyak dijual. Biasanya sih saya membuatnya sendiri. Resep almarhum ibu mertua yaitu campuran tepung terigu dan tepung beras plus air. Tempe tipis dilapisi dengan adonan tepung lalu digoreng dalam minyak panas yang banyak. Digorengnya cepat saja. Dimasukkan, dibalik lalu diangkat.

Saya biasa menyajikan tempe mendoan dengan sambal kecap dengan banyak bawang putih yang saya ramu diatas cobek. Tapi dimakan panas hanya dengan cabai rawit juga enak. Tempe mendoan yang sudah digoreng biasanya akan sangat berminyak, sebelum disajikan serap minyak dengan tisu dapur yang kasar atau biarkan di atas serokan hingga minyak turun perlahan.

Tempe Mendoan

Bahan:

  • 5 bungkus tempe tipis untuk mendoan (i bungkus berisi 2 lembar tempe)
  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir tepung beras putih
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cangkir air matang
  • 500 ml minyak goreng

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, garam dan ketumbar
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga adonan cukup kental
  3. Masukkan daun bawang, aduk rata
  4. Balut tempe dengan tepung, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas
  5. Biarkan sebentar lalu balik, biarkan lagi sebentar lalu angkat
  6. Sajikan panas dengan cabai rawit atau sambal kecap
Lama memasak: 15 menit
Untuk 10 buah

10 Comments

Add yours
    • 4
      hes

      Cara membuatnya sama saja dengan tempe mendoan hanya saja digoreng lebih lama sampai berwarna kuning kecoklatan sehingga lebih garing dan kaku.

      Trims ya 🙂

    • 7
      hes

      Saya dan keluarga tidak terlalu suka tempe mendoan berbumbu mba. Biar rasa tempenya lebih menonjol 😉 Bisa kok ditambahkan sesuai selera. Trims ya

+ Leave a Comment