Terong dan Jenisnya


Terong (Solanum Melongena L) menurut penelitian ilmiah dapat mencegah kanker, kaya serat, mengandung vitamin (A, B & C) dan mineral penting lainnya. Berbagai penyakit seperti wasir, rematik, batuk (Budi Sutomo). Walaupun demikian, disebutkan dalam Wikipedia, sebagian buah terong agak pahit dan mengiritasi garis perut serta mengakibatkan gastritis. Karena itulah, sebagian sumber, khususnya dari kalangan kesehatan alami, mengatakan bahwa terong dan genus terkait dapat mengakibatkan atau memperburuk artritis dengan kentara dan justru itu, harus dijauhi oleh mereka yang peka terhadapnya.(Wikipedia)

walau sering sekali melihat di pasar atau di supermarket beberapa jenis terong yang bahkan diantaranya juga sering sekali kami konsumsi tapi baru kai ini mengetahui kalau terong-terong tersebut memiliki julukan nama yang berlainan sesuai jenisnya.

Terong Telunjuk, disebutkan demikian karena terong ini mirip dengan jari telunjuk. Panjang, tidak terlalu besar, dan berwarna hijau. Cocok diolah menjadi semur, balado atau dipecak terong.

Terong Gelatik Ungu dan gelatik ungu biasa disebut juga dengan terong lalap. Bentuknya bundar dan berwarna ungu (terong gelatik ungu) atau hijau dengan semburat putih dibagian dasar buah (terong gelatik putih). Rasanya tidak pahit dan aromanya tidak terlalu langu. Terong ini cocok untuk lalapan, salah satu bahan dalam karedok, enak juga juga untuk tumisan.

terongTerong Kopek merupakan terong yang paling mudah ditemui di pasaran. Terong ini ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna ungu.

Entah kenapa kalau melihat atau mendapatkan terong ini yang terpikir pertama kali adalah masak balado. Terong yang lembut dipadukan dengan sambal balado yang merah, panas, dan gurih. Enaknya dipadukan dengan dengan nasi putih dan emping. Nyam!

Terong inilah yang menjadi oleh-oleh Wicak setelah kopdaran di rumah pak Budiono Darsono, Minggu, 15 Februari 2009.

dari 3 buah terong yang dibawa suami saya ini, saya membuat 2 jenis masakan. Tentu saja salah satunya adalah Terong Balado walau kali ini baladonya saya padukan dengan cumi.

Masakan yang kedua adalah Terong Cumi Saus Mentega. Terongnya dipotong setengah lingkaran dan dipadukan dengan saus mentega dengan tambahan sedikit kecap dan saus tiram. Nyam!

Terong Jepang banyak digunakan masyarakat Jepang sebagai bahan membuat tempura sayuran. Bentuknya mirip dengan terong kopek namun dengan warna lebih gelap (ungu tua) dan lebih kecil.

Tekokak & Leunca, keduanya termasuk keluarga terong namun berukuran kecil-kecil. Biasanya sebagai lalap, dimasak dengan oncom/taoco. Ini dua jenis terong-terongan yang tidak kami suka 😛

Terong Putih ini cukup langka di pasaran. Bentuknya hampir sama dengan terong Jepang namun lebih besar. Warna kulitnya putih bersih. enak diolah sebagai tumisan, bersama daging atau campuran olahan pasta. Waks, belum pernah nyoba dan belum pernah liat nih terong yang ini.

terongjepangTerong Belanda lebih banyak dikonsumsi sebagai buah, baik di makan segar, dibuat sirup atau dijus. Kami lebi banyak mengkonsumsinya dalam bentuk sirup (tambah air putih dan es batu! Seger!).

Bentuknya oval sebesar telur. Sewaktu muda warnanya kuning dan seiring dengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadi keunguan. Terong ini rasanya asam menyegarkan.

Sekian saja soal terong. Berikutnya masih soal oleh-oleh kopdaran yaitu Ceri! 😎

Sumber: budiboga.blogspot.com

0 Comments

Add yours
  1. 9
    aziza

    keluarga saya ngga ada yg suka terong..padahal klo liat tetangga makan, kayaknya enak banget sampai makannya nambah. emang enak ya mba hes?
    salam kenal thanx juga mau ikutan lomba di blokku.

  2. 10
    aribicara

    Huiiix 😀

    Harus sering2 kesini nich biar kenyang teruuus 😀

    sayang kunjungan pertama dapetnya Terong 😀
    ckckckckck …
    Salam 🙂

  3. 15
    bunda

    dulu aku g’suka terong..terong ungu msh suka kl dibalado tp ptngnya hrs kcl2 kemajuan lg skrg aku sdh sk sama terong hijau bulat yg utk la2p,,mula2 manis2tp aneh,,lama2 aku coba lg wah..jd suka skrng,,,apalg kl pake sambal sm ikan asin,,,nyamie,,nyamie,,,

+ Leave a Comment

five × 2 =