Tips Penyajian Masakan


Setelah sekian tahun mengelola foodblog Masukdapur ini baru setahun belakangan ini saya serius belajar soal bagaimana menata makanan yang baik dan bagaimana mengambil gambarnya sehingga menghasilkan foto makanan/minuman yang bagus.

Ngga, ngga kursus kok cuma belajar sendiri saja lewat buku-buku, blog, plus praktek secara langsung. So far hasilnya masih tampak amatir sih soalnya belajarnya kan disambi sama ngurusin kerjaan rumah dan urusan domestik lainnya. *hehe alesan*

Tapi saya percaya sama proses kok buktinya walau lambat dan terasa pelan banget tetapi blog ini sudah terlihat cukup berkembang sejak pertama kali dibuat (2005)? #pede ๐Ÿ˜€

Jadi inilah tips cara sederhana Food Plating untuk foodphotography yang saya baca dari learnfoodphotography.com:

4 Cara Sederhana Penyajian Masakan

Kalau pernah memasak dan pernah mencoba untuk membuat penyajian yang bagus pasti paham bahwa sebenarnya ini bukanlah hal yang cukup mudah. Walau tampak sederhana, menyajikan masakan dan menggarnisnya supaya terlihat menarik adalah hal yang cukup menantang.

Donโ€™t Overcrowd the Plate

Salah satu tips untuk membuat penyajian yang bagus adalah jangan banyak-banyak taruh elemen makanan dalam satu piring. Buat sederhana saja. Taruh yang benar-benar dibutuhkan. Perhatikan ย porsinya, jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit. Jika memungkinkan gunakan piring yang agak besar supaya makanan tidak terlihat penuh atau bertumpuk.

Sauce it Up Visually

Karena saya jarangggg banget bikin makanan bersaus (kecuali berkuah) seperti masakan Eropa jadi kayanya tips yang ini untuk saya agak membingungkan hahaha.

Satu hal yang bisa saya ambil sarinya (halah) yaitu bahwa saus/kuah bisa menjadi elemen cukup penting dalam penyajian masakan. Saus/kuah dapat menambah warna, meningkatkan selera dan membuat masakan terlihat lezat.

Jangan tuang saus/kuah terlalu banyak supaya tidak ‘merendam’ bahan utama dari masakan. Jika saus/kuah terlalu banyak dapat menyembunyikan bahan-bahan yang ada dalam masakan.

Jika sausnya kental buat saja seperti jejak zig zag atau sesuai selera disekitar bahan utama tetapi jika berupa kuah tuang saja sedikit di bawah bahan utama.

Garnish the Food

Jangan berlebihan saat menghias masakan. Gunakan bahan-bahan segar seperti daun mint, daun ketumbar atau seledri. Bisa juga cabai dan tomat. Gunakan hiasan yang sesuai dengan masakannya.

Bahan bubuk juga dapat digunakan untuk menghias makanan seperti bubuk cabai atau bubuk merica hitam. Menghias masakan dapat dilakukan dengan banyak cara dan jika dilakukan dengan tepat dapat mempercantik dan membuat masakan tampak menarik.

Stacking can be Interesting

Tumpukan cookies, tumpukan pancake atau tumpukan brownies. Tumpukan menciptakan dimensi yang berbeda dari makanan. Untuk beberapa makanan misalnya cookies atau pancake, hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana. Tumpuk saja makanan tersebut satu sama lain.

Sederhana? Kelihatannya begitu ya. Tapi percaya deh ..prakteknya ga sesederhana itu apalagi buat saya yang masih belajar. Hehehe.

1 comment

Add yours

+ Leave a Comment

5 × four =