Toge Goreng Versi 2


toge_goreng

Toge goreng versi yang ini pakai mie telur karena saya tak sempat membeli mie basah di pasar 😆

Beberapa waktu yang lalu sempat kepengen banget makan toge goreng sewaktu ke Bogor. Kemarin kepikiran lagi untuk makan malam dengan toge goreng sewaktu melihat jar tauco di kios yang menjual produk olahan langganan saya. Tapi yah itu terus lupa beli mie basahnya. Sigh!

Yang berikut ini sebenarnya repost tapi ngga apa-apa deh untuk nambah panjang tulisan. Hehe ..

Bahan saus yang digunakan dalam toge goreng ini  sebagian besar memang terbuat dari kedelai. (Saat ini) kedelai memang barang impor tetapi hasil olahannya adalah resep kuliner asli Indonesia.

Oncom merah terbuat dari dari bungkil tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Oncom dianggap telah ‘matang’ saat setelah kapang menghasilkan spora.

Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian didibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Kecap manis adalah penyedap makanan yang berbentuk cairan pekat dan kental berwarna hitam dengan rasa manis. Bahan dasar pembuatan kecap adalah kedelai atau kedelai hitam.

Sumber: id.wikipedia

Toge Goreng

Bahan:

  • 150 gram mie telur, rebus hingga matang, sisihkan
  • 100 gr toge, cuci, rendam dengan air panas 5 menit, sisihkan
  • 1 buah tahu besar,  potong dadu, rebus 5 menit, sisihkan

Bahan kuah:

  • Haluskan: 3 buah cabai merah, 8 butir  bawang merah, 1 sdt garam, 1 sdm gula secukupnya
  • 6 sdm tauco tidak asin
  • 3 batang daun bawang, iris
  • 1/2 potong oncom merah, diremas-remas hingga tercabik
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 cangkir air matang

Cara membuat kuah:

  1. Tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum dan matang
  2. Masukkan tauco, aduk rata
  3. Masukkan oncom, aduk rata
  4. Tambahkan air matang dan kecap, aduk rata
  5. Masak hingga matang dan kuah meniris (kira-kira 10 menit)
  6. Angkat

Cara penyajian:

  1. Atur mie, toge dan tahu di atas piring, siram dengan kuah
  2. Tambahkan sambal cabai rawit jika kurang pedas
Lama memasak: 30 menit
Untuk 4 orang

1 comment

Add yours
  1. 1
    anny

    Kalau saya lagi main ke cibinong makanan ini gak pernah terlewat 😀
    mau nyoba bikin sendiri ah, nuhun resepna nya Hes , oncomnya kalo asli dari bandung pastinya lebih maknyuss tuh ya

+ Leave a Comment

16 + seventeen =