Toge Goreng Bogor


toge gorengRepost - 7 Nopember 2009

Ah, Bogor. Kota kelahiran saya ini adalah tempatnya berwisata kuliner.

Mau cari tempat makan khas sunda? Dengan mudah dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari kaki lima hingga restoran berkelas.

Penasaran dengan makanan dan jajanan khasnya? Tinggal pilih mulai dari doclang (lontong dan tauge yang disiram dengan saus kacang), soto kuning bogor, mie kocok, dan yup toge goreng!

Toge goreng adalah makanan khas kota hujan ini. Walau ada juga toge goreng a la betawi yang juga cukup terkenal.

Kendati namanya toge goreng tetapi dalam pengolahannya tidak ada proses penggorengannya sama sekali. Penggunaan wajan datar dan serok yang dipakai untuk meracik mie dan tauge mungkin yang disebut ‘proses menggoreng’  walaupun cara itu sebenarnya adalah proses merebus (tanpa banyak air).

Rasa makanan yang ‘cinta’ kedelai ini mungkin agak aneh bagi sebagian orang yang tak biasa. Perpaduan oncom dan tauco plus kecap menyuguhkan rasa yang kental, sedikit masam, dan khas. Tetapi jika sudah terlanjur suka, toge goreng adalah penganan yang akan diburu jika menyambangi kota Bogor.

Bahan saus yang digunakan dalam toge goreng ini  sebagian besar memang terbuat dari kedelai. (Saat ini) kedelai memang barang impor tetapi hasil olahannya adalah resep kuliner asli Indonesia.

Oncom merah terbuat dari dari bungkil tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Oncom dianggap telah ‘matang’ saat setelah kapang menghasilkan spora.

Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian didibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Kecap manis adalah penyedap makanan yang berbentuk cairan pekat dan kental berwarna hitam dengan rasa manis. Bahan dasar pembuatan kecap adalah kedelai atau kedelai hitam.

Sumber: id.wikipedia

Toge Goreng Bogor

Bahan:

  • 200 gr mie kuning basah, cuci, rendam dengan air panas 5 menit, sisihkan
  • 100 gr toge, cuci, rendam dengan air panas 5 menit, sisihkan
  • 1 buah tahu besar,  potong dadu, rebus 5 menit, sisihkan
  • lontong

Bahan kuah:

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 buah cabai merah
  • 8 butir  bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula secukupnya
  • 4 sdm tauco tidak asin
  • 3 batang daun bawang, iris
  • 1 potong oncom merah, diremas-remas hingga tercabik
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 cangkir air matang

Cara membuat kuah:

  1. Tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum dan matang
  2. Masukkan tauco, aduk rata
  3. Masukkan oncom, aduk rata
  4. Tambahkan air matang dan kecap, aduk rata
  5. Masak hingga matang dan kuah meniris (kira-kira 10 menit)
  6. Angkat

Cara penyajian:

  1. Atur lontong, mie, toge dan tahu di atas piring, siram dengan kuah
  2. Tambahkan sambal cabai rawit jika kurang pedas

Gudlak! 😉

7 Comments

Add yours
  1. 2
    Erfano Nalakiano

    toge goreng itu salah satu makan fav.ku…apalagi aku memang tinggal di Bogor. Jadi tinggal mencicipi saja kalau lagi pengen…
    kalau membuat sih…belum deh!
    😛

  2. 6
    hes

    @thopo: kalo ke bogor wajib nyicipin 🙂
    @erfano: di bogor biasa beli dimana? 😉
    @melly: mesennya ga usah pake toge gpp kok mel, namanya tetep toge goreng :mrgreen:
    @aribicara: siang sore malam nda masalah ari yang penting minumnya teh botol sos** 😆 haha promosi
    @andivan: aih, di gang selot ada juga tuh yang enak: mi basonya 😀 ya kan teh dina?

+ Leave a Comment

twelve + 11 =