Tongseng Sayuran


Wah post ini harusnya saya tulis setelah saya menulis tentang HappyCal baru kami yang dibelikan Wicak beberapa hari yang lalu #halahpamer. Salah satu resep yang ditulis di buku kecil yang datang bersama ‘pan bolak’balik’ ini adalah tongseng. Karena Wicak sedang mencoba pola makan vegan, saya jadi punya ide untuk membuat tongseng tanpa daging.

Setiap masak sesuatu saya selalu kepikiran dari mana sih asal mula nama masakan ini. Tongseng .. tongseng.. toong..sengg .. hmm tong dan seng

Btw, resep ini simple banget. Agak-agak pake cara cepat *ngga mau dibilang licik* dan tentu saja mungkin tidak sesuai dengan kaidah cara membuat tongseng yang benar dan betul. Tapi rasanya lumayan enak kok Dan yang paling asyik dari memasak kan memang saat memodifikasi resep sesuai selera dan bahan yang ada.

Tongseng Sayuran

Bahan:

  • 1/4 bagian kol, iris halus
  • 1 buah tomat merah besar, potong kecil
  • 1/4 kentang, potong-potong, goreng
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 200 ml air matang

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 1 sachet bumbu gulai instan (bentuk pasta lebih baik)
  • 3 sdm kecap
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu yang sudah diiris hingga layu dan harum
  2. Masukkan bumbu gulai instan, aduk rata
  3. Tambahkan air matang, kecap, garam dan gula, aduk rata, masak sampai mendidih
  4. Masukan kol, tomat, dan kentang, masak hingga kol matang
  5. Angkat dan sajikan panas
Lama memasak: 30 menit
Untuk: 3 orang

9 Comments

Add yours
    • 4
      hes

      Itulah asiknya masak mba mechta. ga ada aturan baku 😛 boleh saja diganti pake sayur yang lain yang kira-kira cocok disanding dengan kuah tongseng. misal kentang, buncis ..

  1. 5
    anny

    woww tongseng sayuran yg nikmat nampaknya 🙂
    Eh, Hes baru ngeh aku kl hes punya rumah baru ha..ha..ha..pantesan daritadi komengnya moderasi mulu, ternyata memasuki rumah baru 🙂
    Punya rumah baru gak bilang2 sih he..he…

    • 6
      hes

      Wahahaha, biarin nanti juga pada tahu sendiri. Hihi.

      Iya tau nih kenapa dimoderasi. Aku komen juga dimoderasi. Belum biasa di rumah sendiri :p

+ Leave a Comment

2 × two =