Udang Kentang Saus Margarine


Salma sudah mulai sekolah. Tempat bermain dan belajar bersosialisasi di PAUD Kenanga dekat rumah. Saya bukan orang yang pandai bergaul jadi sudah tiga kali mengantar Salma sekolah saya baru mengobrol dengan satu orang ibu itu pun hanya basa basi padahal ibu-ibu yang lain sudah banyak yang mengobrol asyik 😛

Ah, tak masalah. Obrolan basa basi saya dengan ibu tersebut tentu saja seputar anak-anak. Anaknya sudah 1 tahun sekolah di PAUD sehingga tahun baru ini ia masuk di kelompok B yaitu kelompok belajar yang sudah masuk pendidikan setara TK sementara Salma baru kelompok A setara playgrup. Anaknya laki-laki dan sangat gemuk. Lucu, pintar, dan berani.

Sewaktu pembicaraan mulai beralih ke soal makan. Saya mengeluh (seperti biasa), ‘Anak saya sulit sekali makan, Bu, saya bingung harus masakin apa supaya mau makan‘.

Ibu itu berkata, ‘Wah, saya malah bingung anak saya ngga berhenti makan. Makan nasi banyak, ngemil juga banyak’. Ia melanjutkan sambil geleng-geleng kepala, ‘Lihat saja badannya. Saya takut dia obesitas!’

Saya tersenyum. Setiap ibu pasti punya masalah ya? Pikir saya. Wicak memang selalu bilang saya ngga perlu terlalu resah dan panik apalagi memaksa anak-anak harus makan banyak. Pelan-pelan saja dan sabar.

Tetap saja sering saya bingung karena terkadang mereka sama sekali tidak mau makan. Mengemil sedikit dan minum susu. Nasi? ‘No way!‘ kata Salma sementara si bungsu Awis mengikuti kakaknya, ‘No no!’ sambil geleng-geleng kepala.udang-kentang-saus-mentega

Saya sih tidak yakin saya sudah mencoba berbagai cara. Mungkin ada cara lain yang saya tidak tahu untuk membuat anak-anak mau makan.

Hari ini, karena Salma suka udang, saya membuatkannya Udang Kentang Saus Mentega.

Bahan:

  • 1/4 kg udang buang kulit, cuci bersih, sisihkan
  • 10 butir telur puyuh, rebus, kupas, sisihkan
  • 1/4 kentang, potong panjang, goreng, sisihkan
  • 100 gram margarine
  • 1 buah cabe merah, iris serong
  • 1  buah bawang bombay, iris-iris
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm kecap manis (Merek Bango)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. panaskan margarine hingga cair
  2. tumis bumbu yang sudah diiris, masak hingga harum
  3. masukkan garam dan gula, aduk rata
  4. masukkan udang, aduk rata, masak hingga kemerahan
  5. masukkan telur puyuh rebus, kentang goreng, dan kecap manis, aduk rata, diamkan sebentar
  6. masukkan daun bawang, aduk rata
  7. matikan api, angkat, dan sajikan hangat

bimbil-gembilMasakan ini hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk memasaknya karena tinggal mencampur bahan matang. Udang juga tidak dimasak terlalu lama sehingga masih terasa segar dan manis.

Gurihnya margarine yang sedikit manis bercampur dengan kesegaran udang dan lunaknya kentang goreng cukup mantap disandingkan dengan nasi putih dan segelas air dingin 😉

Salma doyan ngga? Lumayan dia makan 3 udang setelah itu, ‘No way!’ katanya lagi sambil berlari 😥

0 Comments

Add yours
  1. 3
    Zara

    ini sekalian iklan Kecap Bango ya? hahahaha 😀 aku coba yaaaa… paas banget lagi bingung mau masak apa wiken besok 😀

  2. 11
    bunda daffa

    hihihi……..problema ibu2 kayaknya sama aja,yg satu anaknya gak doyan makan sampe muter otak bikin makanan macem2,sementara yg satunya bingung anaknya sangat doyan makan,dan saya termasuk golongan pertama,soalnya daffa jg pemilih bgt klo soal makan,ampun……dech

+ Leave a Comment

1 × one =