bandeng presto pedas saus teriyaki


Masakan ini pertama kali saya buat hampir 4 tahun silam saat Salma berusia 5,5 bulan. Sekarang Salma sudah empat tahun, pintar dan kreatif :mrgreen: Saya memposting ceritanya di masukdapur sewaktu masih di blogspot. Saya repost saja ceritanya disini ya. Hehe ..

Nopember 2006

Oke kenakan kembali apron dan mulai lagi masukdapur.

Bayi kami menginjak usia 5,5 bulan 15Nopember ini. Kami masih memberikan dia ASI tanpa tambahan susu formula. Rencananya setelah usianya 6 bulan kami baru akan memberikan makanan padat pertamanya. Sekarang beratnya sudah 7 kg. Beratttt!

Sejak ia lahir, otomatis saya tidak punya banyak waktu luang untuk memasak dan atau bereksperimen mencoba berbagai penganan baru. Saya jadi punya kebiasaan baru, minta tolong suami beliin martabak atau memasak makanan cepat.

Makanan cepat disini tentu saja berbeda dengan fast food yang sudah menjamur di seantero dunia. Karena walaupun namanya fast food tetap aja bikinnya sebenarnya lama 😛

Saya jadi terbiasa memasak dengan ringkas dan apa adanya. Apa adanya disini artinya apa yang ada di kulkas karena saya juga tidak punya banyak kesempatan untuk berbelanja.

Tukang sayur yang lewat hanya dua, yang pertama biasanya lewat sambil mendorong gerobaknya yang sudah kosong. Sementara yang kedua biasanya menimbun gerobaknya dengan satu jenis bahan pangan atau buah. Satu hari ada berkilo-kilo jeruk, hari lain penuh dengan segambreng bawang merah, satu waktu penuh dengan berplastik-plastik mangga matang, waktu yang lain sarat dengan ikan gabus asin.

Wuaduh ngga banyak pilihan karena biasanya selain timbunan-timbunan itu si abang cuma bawa kangkung, bayam, sawi putih, dan ikan tongkol -yang setiap hari pasti ditawarkan pada saya, mentang-mentang saya pernah bilang kalau suami saya suka sekali ikan tongkol.

Oia, soal makanan cepat tadi. Sekarang saya punya bumbu rahasia baru (selain saus dan kecap), saus teriyaki dan saus tiram. Karena saya harus memasak cepat dengan bahan seadanya, saya sekarang jadi sering membuat tumisan dan tumisan akan lebih sedap dengan tambahan salah satu dari kedua saus tersebut.

Salah satu makanan cepat yang pernah saya buat adalah bandeng presto belado saus teriyaki. Bikinnya cuma 10 menit. Sip!

bandeng presto pedas saus teriyaki

bandengprestoteriyaki

Bahan:

  • 1 buah bandeng presto
  • 1 bungkus sambal (yang biasanya terdapat bersama bandeng presto) atau bisa juga gunakan 4 buah cabai merahyang dihaluskan
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 3 sdm saus teriyaki
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Potong bandeng menjadi 3 bagian atau sesuai selera (ngga masalah kalau mau dibiarkan utuh), goreng dalam api panas sebentar saja, sisihkan
  2. Tumis bawang putih dengan 5 sdm minyak bekas menggoreng bandeng hingga harum
  3. Masukan sambal atau cabai halus, aduk dan masak hingga matang
  4. Tambahkan saus teriyaki, garam dan gula, aduk rata
  5. Angkat dan siramkan di atas bandeng presto yang sudah digoreng
  6. Sajikan hangat

Gud lak! 😉

7 Comments

Add yours
  1. 2
    hes

    @anny: pakai yang botolan saza teh ani :mrgreen: kalo bikin dulu bukan masakan praktis namanya. hehe..

    membuat saus teriyaki ga susah sebenarnya nanti kapan-kapan aku coba bikin ya 😉 nuhun

  2. 3
    dyah

    mbak hes, kalo bikin bandeng prestonya sendiri bisa ga? soalnya berkali-kali bikin sendiri dengan panci presto aku ga pernah sukses. siapa tahu mbak punya tipsnya biar bandengnya bisa tulang lunak tapi ga hancur. btw resep yang ini perlu juga dicoba dan mohon ijin ngelink ya mbak..makasih

  3. 6
    hes

    @dyah: saya belum pernah membuat bandeng presto mba dyah karena kendala alat maksudnya saya belum punya panci presto 😳 hehe jadi saya belum punya tips pribadi nih ..

    tapi menurut yang saya baca sih penggunaan ragi tapai bisa menguatkan bandeng shingga tidak hancur saat pemasakan yang bertekanan tinggi.

    thx yaa..
    @cow431: makan lagi dung :mrgreen:
    @poezz: bikin dung ntar kabarin kalo dah jadi ya 🙂

  4. 7
    ADUK KOPI OTOMATIS, JAM DIGITAL PROYEKTOR, MIXER, DONAT, GUNTING DAHAN, ALAT UNTUK UKIR , PAHAT HAND MADE CRAFTSMEN, HEAT GUN, HOT GUN , VACUM SEALER, HAND BLOWER, HIGROMETER, TERMOMETER OVEN,

    It’s the best time to generate a several programs for your longer term and it’s time and energy to smile. I have see this offered and when I could I personally need to counsel you quite a few appealing challenges and also tips. You could might publish next posts about it content. I have to continue reading difficulties regarding it!

+ Leave a Comment

four × one =